Literasi Sebagai Kecakapan Hidup



Alhamdulillah dian nafi hasfa camp berkesempatan mengikuti bimtek bimbingan teknis pemberdayaan komunitas literasi di bulan bahasa Oktober ini. Acara diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Berikut beberapa catatan materinya:



Indonesia punya pegiat literasi terbanyak di dunia, tapi tingkat literasi masih sangat rendah. Buktinya bbrp orang bunuh diri krn terjerat pinjol Menulis adl menyimpan ilmu. Tulisan pengikat ilmu Kalau tdk ditulis dan disisihkan, akan hilang, krn memori full.


Gambar
Saat masih kecil, memori anak2 masih menyerap banyak. Spt gelas kosong siap menampung apapun dan menjadi pondasi. Gerakan bisa terjalan kalau ada koordinasi terintegrasi. Prinsip gerakan Berkesinambungan Terintegrasi. Hrs ada di semua lini Melibatkan semua pemangku kepentingan
Gambar

Literasi dasar sebenarnya kontennya sangat berat

Gambar

Sudahkah literasi baca tulis sudah Berkesinambungan? Terintegrasi? Melibatkan stakeholders?
Gambar

Kuatkan panca indera peserta/anak didik utk membuat kalimat Kalimat2 berikutnya bisa diturunkan dari kalimat tsb. Mengaktifkan otak kanan Memancing ide menulis Pantun itu tingkat tinggi, krn hrs bermain cepat Cari sinonim kata Membuat jembatan keledai
Gambar

Kalau anak tidak suka membaca, ajak dia menggambar dg mindmapping. Ajak dia bercerita. Kita buatkan konsep mindmappingnya. Kita beri contoh dulu Ajak dia menyempurnakan konsep mindmap tsb, agar dia punya kepuasan dan penghargaan krn berkontribusi

Otak kanan menangkap warna, gambar, musik Perkaya kosa kata Literasi sederhana teorinya tapi praktik di lapangan beda kasus per kasus Ajak anak main sambung suku, sambung kata. Main abjad Permainan bahasa dg mencari local wisdom Meneruskan kalimat, mengisi kalimat

Permainan afeksasi Api jd perapian,berapi-api Buat tabel shg muncul kreasi kata2 Tingkatkan kreatifitas n imajinasi Pakai bahasa sbg pemecah/breaker ex pantun,puisi Tingkatkan empati Anak2 skrg empatinya rendah, shg mengabaikan norma, menendang nolai. Org2 melakukn pembiaran


Kata kunci penting sbg meningkatkan konsentrasi dan fokus Usahakan utk mendirektori kata2 kunci. Shg mudah mengembangkan Tiap hari mestinya kita membuat inovasi, sesuatu yg baru. Melakukan hal2 yg belum pernah dilakukan sebelumnya.
Gambar


Belajar dg mendatangi guru, marwahnya akan dapat berkah ilmunya Kalau tdk mendatangi gurunya maka akan beda hasilnya Setiap guru pasti punya sesuatu yg akan berguna utk kita Pengajian juga mendatangi sumber ilmu

Beri trigger pemantik ide di awal hari Minta peserta utk membuat 3 paragraf berdasarkan kata kunci tsb Strategi lain Pakai panca indera Khususkan lagi, pakai panca indera pendengaran

Minta anak beli 3 lauk apa aja, dg uang 50 rb, misalnya. Gunakan panduan dari web Badan Bahasa untuk latihan.


Gambar

Literasi numerasi di sekolah Mengukur tinggi, berat, umur Membuat gambar denah desa Membuat penelitian sederhana Buat survei bakat minat Menghitung jarak dan lama waktu perjalanan Menggunakan informasi angka Gambar Di rumah Libatkan anak dlm transaksi jual beli Ajak anak masak,ukur bhn

Gambar
Literasi sains Kata kunci: Menjelaskan fenomena Jgn pernah berhenti bertanya 5 W 1 H Adiksimba Apa Kapan Di mana Kapan Mengapa BagaimanaGambar

Berpikir dan bersikap seperti seorang peneliti Selalu ingin tahu Selalu berpikir kreatif Berani mencoba dan mencoba lagi Tidak berhenti belajar

Gambar

Liput, rilis multi media Kalau sudah masuk harus tuntas Kadung jegur, harus mentas Pakai afirmasi positif Saya bisa Saya mampu Saya pasti bisa Jgn sampai dtg afirmasi negatif
Gambar


Biasakan shodaqoh,menyisihkan dari yg sdkt Jgn biasakan menunda pembayaran alias kredit Ajarkan secara transparan pd anak utk latihan buat pos pengeluaran Investasi Liburan Pengembangan diri Sosialisasi Donasi Pajak Biaya hidup Sptnya wadi/tabu,tp kesejahteraan lwt finansial

Gambar

Share:

0 Comments