Lesson Study Implementasi Merdeka Belajar
Seminar nasional penguatan lesson study dan konseling anak dlm rangka implementasi merdeka belajar era 4.0 pekan lalu diselenggarakan oleh UMK Universitas Muria Kudus bekerjasama dengan Pergunu dan YPM, Yayasan Pendidikan Muslimat NU dan Persatuan Guru Nahdlatul Ulama.
Lesson study memberdayakan guru dg cara kolaboratif, mendukung upaya merdeka belajar. Thn 85 an sdh ada CBSA, cara belajar siswa aktif. Dibalik jd guyonan, Cah Bodho Soyo Akeh. Krn guru maupun anak2, juga fasilitas belum siap. Lalu muncul KBK dst. Pendidikan berkembang tp lompat2
Lesson study sdh teruji di jepang. Kualitasnya merata sampai pelosok desa. Sebuah upaya perbaikan pembelajaran dg memberdayakan guru2 dr berbagai kalangan utk kolaborasi. Shg guru2 yg sdh canggih bisa sharing dg guru2 yg ada di desa. Prof Sumar s2 di NY. S3 di kanada
Mall2 besar di amrik padha tutup krn masuk era 4.0. Org2 belanja dr rumah.
Sekolah2 bs tutup. Guru2 tdk diperlukan krn org2 belajar via gadget. Ijazah juga bisa didapat via handphone.
Pengajian2 juga akan tutup krn smua bs akses dr rumah.
Guru hrs meningkatkan kualitas pembljrn
Merdeka Belajar in action via komunitas belajar di sekolah oleh Prof Sumar Hendayana, ketua lesson study. Indonesia consortorium for learning improvement (icli)
Lesson study=sistem aktivitas belajar pendidikan profesional utk meningkatkan mutu penbelajaran berkelanjutan dg..
..memberdayakan komunitas belajar di sekolah.
Mengkaji dan inovasi pembelajaran terus menerus agar tdk kalah dg gadget
Bgm media,assesment,strategi. Hrs ada perubahan. Jgn cara2 lama dipakai terus
Karakteristik komunitas belajar
Guru,siswa saling belajar
Keterbukaan
Demokrasi
Anak yg lbh pandai mengajari teman2nya yg belum paham. Jd tdk jauh gap antara anak pinter dan yg kurang. Tutor Sebaya istilahnya.
Scr sosial, ada kepedulian,peka, empati. Sekaligus menanamkan pendidikan karakter, peduli dg teman.
Kepala sekolah, Org tua dll juga boleh lihat utk belajar melalui inspirasi.
Guru mefasilitasi agar anak2 bs saling belajar. Tdk hy dikelompokkan, krn bs dikerjakan satu org saja, yg lain hy nonton.
Siasati dg menguasai materi konten dan kemas dlm cara yg mudah dipahami
Jk anak enjoy belajar, ia akan semangat sekolah.
Indeks pembangunan di bwh SMR
Faktor motivasi adl salah satu penyebabnya. Krn skrg byk beasiswa, ada byk peluang. Yg penting semangat belajar.
Keunggulan. Manfaatkan sekitar sbg laborattorium
Karya wisata melihat source di sekitar sbg bahan belajar. Lingkungan.
Prinsip desain pembelajaran berpusat pd siswa. Efektif efisien.
Komponen: materi ajar, guru, siswa.
Bgm spy anak2 berani bertanya, berekspresi, kreatif, mandiri, argumentasi dg teman dll.
Hubgn didaktik materi dan siswa:
Materi menarik, menantang. Kemas masalah2 yg kontekstual. Diharapkan siswa yg menemukan konsep.
Anak2 indonesia hebat2, py potensi, kt hrs percaya dg mrk. Konsepnya hrs dijamin tdk salah.
Hbgn pedagogi guru dan siswa:
Smua siswa terobservasi. Guru2 sbg observer
Buka mata lebar2, kenali msg2 anak. Smua siswa hrs terlibat belajar
Ada siswa yg cepat belajar, ada yg lambat. Dlm merdeka belajar, guru sbg fasilitator. Beri kepercayaan pd anak2. Teman2 apresiasi yg lain
Di awal, guru hrs membrief agar siswa2 saling membantu, diskusi.
Tiap kelompok diberi tugas yg beda.
Fasilitasi dg whiteboard, spidol seorang satu. Boleh browsing pakai hape. Dg aplikasi mirror screen, bs memperlihatkan presentasi siswa meski nulisnya dr berbagai sisi berbeda
Hbgn guru dan materi: antisipasi didaktik pedagogi.
Guru hrs coba lbh dulu. Prediksi respon siswa dan memikirkan antisipasinya. Bgm jk hasil percobaan berbeda?
Mas menteri Pendidikan Nadiem Makarim bilang guru2 hrs menyederhanakan kurikulum. RPP cukup 1 halaman. Dg tetap meningkatkan kompetensi siswa agar tercipta Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.
Contoh temuan fakta,alasan, solusi.
Jk salah satu roda diputar, roda lain ikut berputar.
Desain shg pembelajaran berpusat pd siswa, menantang, kontekstual.
Guru mjd observer, membuka kelas minimal sekali dlm setahun
Jk 10 guru, minimal sebulan sekali 1 guru buka kelas. Yg lain jd observer.
Manajemen mengatur
Sumedang jd kabupaten piloting. Kepsek jd inisiator dan monitoring. Guru2 lbh pedhe. Siswa2 makin termotivasi utk belajar

Era 4.0 mengubah khdpn Mesin menggantikan org Org byk tinggal di kota Cara produksi berubah Sistem ekonomi baru tercipta Industrialisasi menyebabkan mslh baru
Bhs cinta utk anak dg kasih sayang, perhatian, sentuhan fisik. Meski mencukupi kemauan anak, awali dg tanya alasan mengapa itu penting utk anak. Jgn asal memberikan sesuatu yg anak mau.
Panggil dg nama kesayangan.
Sesi Praktik Manasik Haji Umroh
Materi Lainnya:
Penyelenggaraan Haji dan Umroh
Tugas dan Fungsi Pembimbing Manasik Haji dan Umroh
Strategi dan Metode Pembimbing Haji dan Umroh
Fiqh Haji Dasar Klasik
Situs-Situs Haromain
Micro Guiding Manasik Haji Umroh
Psikologi Haji dan Umroh
Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Umroh
Hikmah dan Filosofi Haji
Penyelenggaraan Sertifikasi Pembimbing Haji Umroh
Character Building Pembimbing Manasik Haji Umroh
Dinamika Kelompok Psikologi
Yg hrs ditekankan pd jamaah adl syar'i-nya, bukan lagi teknis. Krn hanya sekali seumur hidup.
Penilaian lbh pd aspek syar'inya. Soal teknis bs berbeda satu dg lainnya, tp substansinya tdk terbuka auratnya ktk melakukan tindakan2 yg ekstrim.
Rukun qouli dan fi'li hrs terpenuhi.
Substansinya hrs kena
Mgp manasik penting
Bekal awal bg calhaj yg ada dlm negeri utk kelancaran haji mulai keberangkatan sampai kepulangan.
Kenal rangkaian ibadah haji,fikih haji,lokasi haji,hal2 terkait
Pembimbing hrs kompeten, kredibel, terstandarisasi
Jgn perbyk materi regulasi. Fokus materi ibadah
Materi miqot,tata cara pakai pakaian ihrom, tawaf, sai, wukuf, mabit, jamarat, tahalul dan hal yg dilarang dlm ibadah haji.
Sampaikan dg bahasa mudah dipahami, hindari materi irrelevan, tekankan syarat,rukun, wajib haji
Materi terintegrasi, terkoneksi dg kemenag spy terkoordinir
Hindadi sikap keakuan,inovasi2 pendapat pribadi. Ikuti pendapat masyhur, muttafaq alaih, jumhur ulama,pendapat mu'tamad, yg kompeten.
Kalau pakai bhs arab, terjemahkan. Biar calhaj paham.
Pembimbing hrs luwes. Jangan kedepankan perbedaan fiqhnya.
Hindari kebanyakan anekdot saat penyampaian materi.
Pakai aja video2 manasik dr kemenag
Perhatikan keragaman calhaj
Kuasai fiqh haji
Jgn menakut2i calhaj
Praktik manasik yg menyenangkan
Tempat representatif
Bahan/handout mudah dibaca, mudah dipahami
Siapkan gambar, slide,video
Gunakan bhs yg mudah dipahami. Jgn nglantur, krn calhaj beragam
Pembimbing kompeten
Hindari hal2 yg tdk perlu dibicarakan
Model,strategi dialogis,interaktif
Problem:
Materi terlalu byk
Tdk fokus pd persoalan haji yg benar
Latar blkg beragam
Pengetahuan pasca manasik belum meningkat
Calhaj uzur, sakit, lansia
Calhaj tdk mandiri, tergantung, manja
Perlakuan manasik bagi lansia sama dg yg lain
Buku manasik saudi, tipis banget, ringkas, org cepat paham stlh baca
Buku manasik maroko 90 hlmn krn plus tanya jawab
Video manasik tunisia
Ada berbagai cara memakai ihrom. Yg penting, nyaman.
Ada dasar yg membolehkan tikroru umroh.
Pembimbing hrs menjelaskan dg arif dan bijaksana
Ingatkan pd jamaah
Klo nafar awal, mabit mina 2 malam. Jumlah kerikil 49.
Aqobah 7
Tgl 11 Ula, 7 wustho 7, aqobah 7
Tgl 12 Ula, 7 wustho 7, aqobah 7
Klo nafar tsani, mabit mina 3 malam. Jumlah kerikil 70
Aqobah 7
Tgl 11 Ula, 7 wustho 7, aqobah 7
Tgl 12 idem
Tgl 13 idem
Yg kembali ke Makkah utk thowaf ifadoh, setelahnya hrs balik lagi untuk mabit Mina. Jangan tidur di hotel Makkah.
Mabit Mina termasuk wajib
Knapa meninggalkan arafah saat maghrib
Knapa meninggalkan muzdalifah tengah malam
Knapa lontar bakda fajar
Cari tahu
Jk jamaah paham ini, mrk akan senang hati melakukan sesuai ketentuan
1. Jawabannya karena fi'lun Nabi Saw, nabi meninggalkan arofah ba'da Maghrib tidak solat magrib di Arofah, langsung bergegas ke musdalifah dan sholat maghrib dan isya di jama' Ta'khir. Itu afdholnya dan itu fiqih clasiknya
tapi kondisi skrg jumlah jamaah banyak sekali ngak mungkin semua bergerak ke musdlaifah dari arofah ba'da maghrib, bahkan, bagi mereka yg tdk dapat wukuf di siang hari sampai maghrib boleh wukuf di malam hari selama blm fajar, banyak sekali hal ini di muat dlm berbagai ktb fiqih
2. Meninggalkan muzdalifah stlh tengah malam adalah keringanan, seharusnya setelah syuruq, maka hal ini sdh jelas, klasik dan kontemporer. hal yg baru hanyalah kebolehan mabit muzdalifah di atas bus. Di muzdalifah mengambil batu, dan setelah tengah malam menuju mina atau Harom
3. Ini yg di maksud jumroh aqobah di tgl 10 dzulhijjah, dan ini termasuk ijtihadi, dan termasuk waktu jawaz, sedangkan waktu dhuha sd dzuhur adalah afdhol, dan bada zawal sd maghrib adalah ikhtiyari dan bada maghrib sd sebelum fajar adalah waktu jawaz
Materi: tradisi dan kultur arab.
Pangeran Arab dtg ke acara gong xi fa cai. Kaget waktu ada petasan perayaan. Bahkan para pengawalnya ikutan lari.
Kita perlu belajar budaya setempat krn di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Tdk shock culture. Jgn kena sindrom kagetan
Org arab selalu jawab na'am, setiap diminta sesuatu. Misal dipesani hotel. Pdhl belum tentu dia menyediakan. Jd hrs bikin perjanjian ikrar tertulis,dan minta jaminan.
Jangan jawab laa. Mrk akan tersinggung. Jawab insya Allah.
Jawaban Bukhroh bukan besok,tp utk menunda pekerjaan
Tradisi=sesuatu yg telah lama dijalankan sejak lama dan jd bagian kelompok masy.
Gamis/top itu tradisi, bukan ajaran agama. Krn abu lahab dan org2 nasrani, yahudi juga pakai gamis/top.
Tradisi arab
Mujamalah/basa basi
Hy utk menyapa, menanyakan kabar, sampai 5 kalimat yg berbeda dlm 1x sapaan. Ungkapan panjang. Apalagi kenal dekat.
Muji2 dg berlebihan. Nyastra. Nggombalin.
Basa basi malah penting.
Org arab suka dipuji. Tersipu2 jk dipuji
Test aja
Tanya dari mana kamu?
Stlh dia sebut nama kotanya.
Katakan: wallahi (nama kotanya) athyabul bilad
Tampakkan kita dekat, ramah, akrab, basa basi, org arab akan senang dg kita, shg mudah menelisipkan visi misi kita.
Jangan kaku. Hrs pinter mujamalah
Praktik gombal
Intonasi bicara keras
Ekspresi kekuatan,ketulusan
Lebih dr 70% jazirah arab adl padang pasir.
6jt bernama ahmad, 4jt bernama muhammad, 5jt bernama mahmud.
Jangan pelan kalau bicara!
Jangan kaget kalau pas pemeriksaan dipanggil namanya dg suara keras.
Jgn takut menawar dagangan. Org2 indonesia punya kelebihan di hadapan org saudi,krn senang belanja dan bawa uang. Beda dg org2 negara2 lain yg kdg lihat2 aja, tp gak beli
Pedagang2 dr bengali, bangladesh, paskitan biasanya bs ditawar. Org2 arab biasanya kalam wahid. Satu harga
Ekspresi bahasa tubuh
Tangan, tubuh, kepala bergerak.
Kalau org arab marah, katakan shollu alannabiy. Dia akan tenang.
Kalau emosi, tolong tenang dulu.
Kalau org jawa marah, diem aja. Tambah marah, tambah diem, tahu2 nyopot jabatan.
Antara budaya arab dan islam
Jgn bayangkan di arab, orang2nya islami. Tidak selalu.
Org baik juga banyak. Ada yg kasih makanan utk sabil, sampai 5 container. Kasih 50ribu botol juice.
Tp ada juga org2 yg tdk baik. Dan jumlahnya tdk sedikit. Ada jamaah yg dirampas bawaannya.
Kalau ada dompet jatuh meski maksudnya mau membantu mengembalikan pd pemiliknya, tp tertangkap cctv, dianggap mencuri.
Beri info sesempurna mungkin pd jamaah, shg mrk tdk kaget, putus asa kalau lihat org2 arab tdk islami.
Berkendara di sebelah kanan
Mrk menaikkan dan menurunkan penumpang di sebelah kanan jalan
Wanita pergi dg mahram.
Naik taxi, laki duluan. Turun taxi, wanita duluan.
Pernah kejadian, laki turun duluan, wanitanya dibawa lari sopir taxi
Wanita, jgn naik lift sendirian.
Wanita adl privasi
Jgn pegang2, meski anak2 kecil perempuan, krn bisa dilaporkan sbg pelecehan.
Mulai 2 th lalu, perempuan sdh boleh nyetir
Pria dan wanita tdk salaman di tempat umum
Menolak jamuan dianggap tdk sopan
Tanggalkan sepatu jk ke rumah org
Kebiasaan makan bersama dlm 1 tempat
Tdk bersendawa di muka umum
Kalau tdk mau diisi lagi, cukup tutup aja gelas dg telapak tangan kita.
Ambil hati org arab agar kita bisa mdh bernegosiasi dg mrk.
Komunikasi langsung dg org2 direktur utama, dan miliki kedekatan, shg saat ada hal2 yg perlu dinegosiasikan, akan mudah.
MBS muhammad bin salman, anak termuda raja salman. Gubernur madinah, ibnu salman,kakak muhamad
Program bgm spy migas bukan satu2nya pemasukan.
Aramco, pertaminanya arab saudi, dilempar ke pasar saham, IPO. Termsk yg terbesar
Kebijakan baru. Perempuan boleh di sektor real. Bin Daod, supermarket byk perempuan. Etos kerja perempuan saudi sama dg perempuan2 dr asia timur
Indomie dpt label hijau, krn byk mempekerjakan perempuan arab.
Perempuan saudi gak mikir duit.
Perempuan pekerja pabrik datang bawa BMW seri terbaru. Kerja hy utk status sj. Krn sekolah luar negeri, belum py kesempatan kerja. Suaminya senang drpd klo di rmh saja suka marah2 trus

Yg dianggap melawan pemerintah, tahu2 hilang.
Sehrsnya dari Salman ke samping/saudara, tapi malah ke anak. Jd mmg beda.
Byk pekerja dr Mesir. Lajnah mashriyyah jd banyak digunakan.
Leys
Aushaga leyh
Dialek misriyyah
**
Materi Bahasa Arab
Bahasa arab ada 3.
Fusha
Amiyah, bhs pasar
Komunikasi. Formal yg dipakai media, tv.
Pahami omongan mrk
Jgn takut bicara. Jgn takut salah.
yg penting dlm komunikasi adl sama2 paham, nyambung.
**
Materi Lainnya:
Penyelenggaraan Haji dan Umroh
Tugas dan Fungsi Pembimbing Manasik Haji dan Umroh
Strategi dan Metode Pembimbing Haji dan Umroh
Fiqh Haji Dasar Klasik
Situs-Situs Haromain
Micro Guiding Manasik Haji Umroh
Psikologi Haji dan Umroh
Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Umroh
**
Maa fiih= gak ada
Intadzir ba'd =Suwayya= sebentar
Ayyu syai' dibacanya eisy= ada apa
'Indii=haqqii=punyaku
Inta mudarris?= kamu guru?
Ada byk metode belajar bhs arab
Misal: qutub
Lissa= laisa dzalik= belum
Ilen=ila aina= ke mana
Abghi= abghoitu= uriid= saya ingin
Aiwah= iya
Eisy ti ghul?=bgm setuju?
Wein roih= mau pergi ke mana
Saidunii= minta tolong
Qohwah=kopi
Syahi=teh
Asyir= juice
Thoriq=jalan
Hammam=kamar mandi
Maalays=maaf
Syukron=terima kasih
Afwan=sama2
Tafadhol=silakan
Hina=di sini
Hinaak= di sana
Garib=dekat
Baid=jauh
Ala thul=tetus lurus
Yamin=kanan
Syimal=kiri
Wara=belakamg
Qoddam=depan
Foq=atas
Taht=bawah
Jarak=masafah
Yg paling efektif, interaksi lgs.
Languange is a habit.
Ittijah=arah
Ma abgho=saya gak mau
Mu arif=saya gak tahu
Hadzaa ghooli=ini kemahalan
Kholash=sudah
Abgho sorf=saya mau tukar uang
Dahiin=sekarang
Ba'din=entar
Ana indunisi=saya org indonesia
Syemal=ismah li=permisi
Arok hunak=ketemu di sana ya
La tadfae=jangan dorong2
Min ayn ant=kamu org mana
Ajlis huna=duduk sini
Tafrigh?=kosong?
Mal bab=pintu apa=pintu berapa
Min khilal huna=lewat sini
Abghi murur=saya mau lewat
Mal alam=sakit apa
Sebseb=shabashib=sandal
Jazma=hidza=sepatu
Midhollah=payung
Niqob=cadar
Khimar=jilbab
Thorha=kerudung
Ghemis=kemeja
Jalabiyah=tsub harim=daster, long dress
Tsub rijal=jubah
Syimagh=surban merah
Khudrak=surban putih
Tamr=kurma
Zabib=kismis
Fumus=kacang arab
Fustugh=kacang arab pikasyu
Isywara=gelang
Qiladah=kalung
Halba=cincin
Bwast=oleh2
Bsre=bi sur'ah=cepat
Tahda=tenang
