Women Writer Conference Participant Reflection
Gambar

Panel lainnya di Muslimah Writers Conference:
Musdah Mulia dan Muslimah Reformis
Faqihuddin Abdul Kodir dan Muslimah Reformis
Musriva dan Muslimah Reformis
Husein Muhammad dan Muslimah Reformis
Kajian Gender Islam Nur Rofiah

Participant Reflection



Participant reflection Hasna: body shaming. Hbs melahirkn.temannya becandain sana2 main sama ibu gendut. Ketemu bapak2 di kantor ditanyain eh hamil lagi ya. Perempuan gendut sdkt jd baper. Gak sehat klo sindir menyindir. Speak up. Gak suka klo dibilang gitu. Kesalingan dg suami

Nur: interpretasi lirik lagu rossa hey ladies dlm perspektif mubadalah Alfiyah: potret peran ganda perempuan dlm fiqh sosial Studi kasus perempuan nelayan Nisa: anti feminism& maskulinitas. Marak dikampanyekan dg hestek2. Ada apa. Analisis pendktn sosial. Mrk blum teredukasi

GambarTerasa terancam, krisis maskulinitas. Saat perempuan powrrful, dijauhi pria. Mrk bukan anti setara, hy respon konstruk sosial yg menstigma bhw feminjsm itu membangkang. Sbg researcher blum nemu formula. Stlh ikut mubadalah, skrg dpt yg soft,sesuai keislman, menunjng double degree
Gambar


Wanda: menemukan puzzle diri sbg perenpuan. Apkh sdh menemukan true self Bgm caranya Salimg memahami tdk akn tjd sblm kt memahami diri sendiri Seringkali kt didefinisikan oleh masy. Dlm peran sosial Ada 4 jendela diri Opem self Info yg kt sama2 tahu, first impression
Gambar

Eri: perempuan dlm akad nikah sunda. Pakai madzhab hanafi Komunitas sunda wiwitan cireundeu

Gambar
Ikrar jatukrami Perempuan menikahkan dirinya sendiri 11 perrtanyaan pengjejer sangat mubadalah Sdhkah saling suka? Sdhkah paham rmh tangga? Sanggupkah tdk kdrt? Dll

Gambar
Sari: dosen ugm ngajar sambil momong bayi. Scr mubadalah sbnrnya biasa sj, tp publik riuh. Krn belum terbiasa dlm masy kita. Vevi: seri tulisan Perkawinan antara ruang privat dan ruang publik. Sebagian menganggap pernkahn rg privat. Shg susah menetapkn UU. Dipilah mn priv publ


Memberikan pemahamn pd pembaca Jk ada maslahah utk laki pr, maka perlu. Sertifikat layak nikah. Materi keadilan hakiki mubaadalah perlu dimasukkan.


Berikut feedback dan tambahan materi dari Kyai Faqihuddin Abdul Kodir
Mubaadalah terus berproses. Kita boleh menambahkan, mengembangkan. Mubadalah jd bingjai utama yg disebut sbg paradigma. Yg dipakai utk melihat segaal hal. Konsep tuhan, mnusia, hadits, quran, fiqh, kitab kuning,realita Sbg Perspektif melihat relasi Metode Interpretasi Strategi


Bhkm bertemu dg org yg anti, dan menemukan titik temu. Bs jd pakai strategi mubadalah, tp kontennya bukan mubadalah Gambar Juga sbg kaidah dalam fiqh. Niru2 NU dlm kaidah utamanya Kemaslahatan hrs diberikan pd 2 pihak Madhorot hrs dihindarkan dr keduanya
Gambar
jika ini akan jd madzhab, maka semua bs turut berkontrubusi mengembangkan, menyempurnakan. Mari kita temukan bersma2 agar makin ternsg benderang islam rohnatan lil alamin
Dlm konteks relasi, Nasional, kebhinekaan Alam semesta, dst
Gambar
Dlm konteks akademis perlu.kajian teori dst. Tp dalam kerangka dakwah, maka berpikir ke depan,lbh populer. Maka perhatikan Konteks objektif. Kajian apa adanya. Dr konteks obyektif, hrs tahu mana manthuq mafhum sbg pijakan utk konteks interpretatif Proses mubadalah diarhkn ke dpn


Di akademisi tdk boleh berdakwah. Konteks obyeķtif sdh selesai saat disertasi. Perhatikan dg siapa kita bicara Bs jd benar, tp dlm konteks komunikasi publik hrs pakai cara2 yg arif


Dg disahkannya UU batas usia nikah 19th september kmrn, merpkn upaya minimal bhw laki pr hrs siap dr berbagai segi. Bs dicek, krn kbthn dan kapasitas lk pr beda. Tradisi permpuan yg melamar laki2 kok justru skrg terkkis di ms skrg. Gmn. Perlu dikaji

Sbg strategi, nama mubadalah tdk penting jk org sensi, retensi. Pakai istilah yg sdh ada. Challenge, tanya. Cek. Bgm permpuan terlindungi. Apakah jk berada dlm rumah, otomatis terlindungi. Terlindungi spt apa. Apakah tiap permpuan py laki2. Apakah lakinya bs mlindungi 24 jam

Knapa ada hadits mahram Kasus mahram 300 km makah madinah Ada pr mau ke mekah, lakinya perang. Rasul bilang, km gak usah ikut perang, ajari istrimu Ibnu hazm bilang dg hadits ini, pr kalau pergi, pergi sj. Laki hrs melindungi Mazhab syafii, selama aman gak perlu mahram

Distribusi ilmu mubadalah di pesantren krn sdh ada kitab kuning Sdh dikaji di fatayat bbrp daerah dst. Tinggal disebarluaskan Utk yg anti feminism, perlu dijelaskn beda feminism dan mubaadalah Kita sbg researcher dan pengkaji berhak menentukan Feminism ada byk madzhab

Perbedaan itu biasa Justru bs kritik pandangan lain dg pandangan sendiri.jd py teori baru Yg penting disetujui supervisor. Bebas mengklaim sendiri sesuai temuan Pd praktiknya teori hrs bersngkat dr pengalaman real

Kalaupun dikritik netizen, semua bagian di mubadalah akan bantu, support, dukung. Mari saling menguatkan

Participant reflection dan writing sessiion Untuk mengetahui kekhasan msg2 penulis. Shg saat dibutuhkan dlm jejaring, tinggal dipakai Bimbingan perkawinan kemenag pakai pendekatan mubadalah Mubadalah cinta Pelatihan metodologj mubadalah pertama oleh fatayat nu diy

Firoh: peran perempuan di bdg politik. Mengajak permpuan yg blum berani maju utk jd pemimpin dan menyuarakan hak2nya Izza: wacana bisnis poligami Kelompok pro kontruksi sosial yg dibgn berdsr annisa Yg kontra, membacanya scr kontekstual Memarginalisasikan permpuan

Bias gender seolah yg bs adil hy laki. Jurnal dg teori avanjik ttg analisis kognisi sosial teks diproduksi atas pengaruh anggapan umum. Wacana akan dibaca dg perspektif mubadalah Yaqut: kontra narasi poligami dr argumen2. Ayat,prpmn lbh byk dr laki2,dll Poligami versi kesalingan


Prof mahmudah: bikin kampung mubaadalah Arifah: tafsir kontekstual kepemimpinan peeempuan perspektif mubadalah Pd jaman kaisr persia meninggal, kepemimpinn diambil alih putrinya. Saat itu prmpuan dianggap rendah. Akan tjd kehancuran krn diremehkan,tdk dihargai Jmn skrg beda

Seandainya laki2 yg pimpin tapi cemen, mending permpuan kuat yg gantikan Permpuan juga py peluang besar utk memimpin Nisa: pembacaan thd hak kewajiban suis dlm KHI Tiap org menganggap pernkhn sakral. Klo dianggap spt akad2 lainnya mk resiko cerai tinggi sekali Kdrt tinggi

Naely: kritik hegemoni historiografi andosentris dlm narasi sejarah dunia. Potret pddkn indonesia. Tgjwb guru. Bdg pddkn sbg tolok ukur peradaban hrs ditransformasi agar berkeadilan gender. Komposisi pahlwan nasional Metode pembelajaran,tjd diskriminasi,subordinasi,double burden

Penilaian adil gender: kogmitif, afektif, dll Tesis dipertgjwbkn di dpn dosen, tp dosenpun belum bs nerima Gambar Karima: peran jmqh dlm penyebarluasn mubaadalah 5rb hafidzoh semaan Smoga tdk sj hafal quran tp juga bs phm sesuai mubadalah Inovator Early adopter Majority Laggard


Dampak edukasi dan pemberdayaan mubaadalah Sekaligus mengedukasi jutaan santri Mendidik 2 generasi Dr awalnya JMHQ 30 org jd 50rb org lebih. Jejaringnya kuat

Smoga semua mjd agen mubaadalah di tempat masing2

Insya Allah festival mubaadalah 2 di bandung. Tulisan2 partisipan WWC stlh konferensi ini akan dipresentasikan di panel khusus pd festival

Cari kekhasan masing2 Riset2 ttg mubadalah. Akan ditawarkan ke komunitas dan dibawa ke mana2. Kita bs jd pakar mubaadalah untuk jomblo, misalny Belajar satu sama lain, mensupport sama lain KUPI adl contoh mubaadalah Tdk ada tòkoh sentral Semua diberi ruang,panggung Gantian

Kyai Faqih diundang ke malaysia, bilang gantian murid2 saja. Akhirnya 10 org diundang dan semua memberi speech. Sama2 memberi ruang dan sama2 mendukung Kalau ada permpuan lain yg tdk mendukung apalagi menjegal, itu tdk mubaadalah Industri 4.0 Era kolaborasi Dg payung mubadalah

Biasanya kalau temannya naik, py relasi, maka akan menarik temn yg lainnya lagi dan komunitas. Ada pembaca yg manggil p kyai faqih, justru pembaca tsb diijazahi utk menyampaikan mubaadalah. Stlh ditest pemahamannya dst Dan skrg semua partisipan WWC diijazahi. Alhamdulillah

Jk menemukan kegelapan, jgn hy menangis. Tp bawa dan nyalakan lilin utk menerangi.