Workshop Penulisan Arsitektur

Workshop Penulisan Arsitektur

Gambar
Gambar



Seeing
Watching Looking Gambar Open mind Be curious Not judgemental


Gambar

Kebenaran itu relatif

Gambar
Persepsi saat melihat
Gambar
Perspektif dan konteks
Gambar


Epoche, mengosongkan diri Gelas kosonglah yg berfungsi. Kalau gak kosong, gak berfungsi To hold, you must open your hand Bracketing, menyisihkan pengetahuan kita dulu. Lihaaaat. Tanpa judge apapun. Nikmati. Apresiatif. Membuka diri


Apa yg menarik (mnrt sudut pandang masing2)
Gambar

Yg kuketahui Silakan ambil yg mana. Tdk perlu terburu2. Kurasi

Gambar
Menemukan stlh melihat. Creativity mindset: Embrace curiousity Suspend judgement Tolerate ambiguity Imagine with childlike wonder Persist impossible Believe in one's own creativity
Gambar

Asosiasi Simetri Perfeksi Abstraksi Kategorisasi
Gambar


Contoh model temuan Hasil telaah Visual diabstraksikan Versi ilmiah bisa dipopulerkan dg aku lihat, aku tahu, aku temukan sesuatu

Gambar

Referensi Fenomenologi


Rencana penulisan Bu ani: struktur P didit dkv: bulus di tempat paling sakral, mihrab, semiotic penghargaan utk ayah raden fatah Bu hanny: proporsi, skala Bu : Apresiasi, Kritik lanskap, tdk spt sorga spt masjid kauman jogja P kus: dokumentasi obyek scr digital, database u riset

B saras unika: pengkondisian udara, perkerasan memperpanas udara di dlm B oka udayana: mengalami dan membaca tdk ada rasa permusuhan dg hindu/budha. Dian: style. inkulturasi cina, arab, jawa, melayu. Pintu bledeg. Ema: Posisi masjid thd alun2 dll 23/1 medan 24-25/1 danau toba

Irina gunadarma: latar blkg lanskap islami. Alhambra. Monumental islam di spanyol dr afrika. di eropa tp karya muslim. Mugal. Tanaman dan lantai tdk berpola. niru nabawi tp kok panas. Tesis s2 ugm prinsip desain ndalem pangeran. Lanskap budaya Lanskap ekosistem,alami n tdk

Perlu menaikkan brandingnya Framing Viesta Sequence Dst Pendahuluan Teori Analisa Temuan Oka: keruangan dg bangunan2 yg ditempel2 di sekitarnya Sarmina: urban design Analisa prof totok: tdk ada sumbu imaginery, asimetris Penggunaan rg sholat khusus wanita,pawestren.Tutin.gender

Menulis dg konsep Hybriditas: arahnya menuju kritik thdp hal2 yg tampaknya baik2 saja, pdhl tidak Umi: kewirausahaan masyarakat yg muncul di sekitar masjid Udin: pondasi yg geser, apakah krn dulunya berdasar intuisi. Augmented reality,visualisasi bg org luar seolah msk d msjd

Nandang: kritik thdp perubahan2 yg tjd. Jd silau banget sebab material yg dipakai dlm kawasan. Kus: apps Visual awal malah pd tandingan masjid, yaitu museum

Anita komunikasi: promosi city branding. Strategi komunikasi pemasaran masjid agung Bukan menulis saja dan selesai di rak buku. Tp bisa utk feedback bg bappeda, pemukiman, dst. Perlu digulirkan follow up utk lbh byk dan lbh besar impact.

GambarBgm membiakkan embrio tulisan. Besok dibahas

Tampak depan,tampak samping,struktur masjid agung demak Soko guru 4 setinggi 17 m. 8 tiang majapahit di serambi Belanda mengganti dinding2 kayu jati dg dinding 3 bata. Pintu bledheg asli di tengah diamankan, diganti tiruannya. Ada 2 kuda2 utama. Ditopang blandar,tdk di atas kolom



Diperkuat dg kawat beton utk menahan kuda2. Pemerintah belanda mengupayakan agar masjid kuat sampai jangka panjang. Termasuk memberikan plat2. Aplikasinya segera launching.

Blandarnya rebah sebagaimana kaidah arsitektur nusantara. Blandarnya tdk dlm keadaan berdiri. Yg unik, kuda2nya sangat besar Bentuk atap tumpang tajug tiga dinungkinkan krn denahnya bujur sangkar. 25 m× 25 m.

Tritisan Penampakan Soko tatal Blandar rebah Ada pengunci di atas

Tangga ke atas utk lihat soko tatal
Tali baja utk menahan kuda2
Kuda2nya super huge. Diperkuat dg mur baut baja oleh belanda
Ada lantai kayu di tiap level atapnya.
Ukuran pintu jendela
Kita mulai dr keliaran2 pikiran2 kita. Bgm membuat opini jd buku. Ide sbnrnya byk Knapa tdk sgera ditulis Apa yg ingin disampaikan Cara menyampaikannya bgm Apakah buku bs menyampaikan ide yg byk tsb Opini Ada dasar logikanya Nilai kepercayaan Sikap org thdpnya Persepsi
Kisah, wacana berupa cerita, narasi berdasar pengamatan dan rekaan. Yg mengantar menuju opini.

Siapapun boleh berlogika Logika adl pengetahuan dan kiat berpikir dg benar. Rahwana setiap jam 9 datang membcakan shinta puisi selama 40 hari. Sementara Rama tahu2 nyuruh shinta terjun ke api, kok tega. Mosok ngono kui cinta?

Menulis diawali dr perasaan murni. Sebuah keinginan utk menjadi

Mwnulis yg baik Makin jujur pd pengalaman (Lived realities) 2 cara bersikap adil, jujur thd pengalaman hidup liyan, yaitu: Penekanan kuat pd dialog Melibatkan aktif subyek dlm proses Berbagi kepengarangan Konsulyasi dg subyek Gaya penuliaan inkonvensional Kombinasikan narasi

Penulis itu politis Menulis intens mustahil dg cara biasa Gaya meneliti dan menulis selalu bercorak politis


Menyajikan apa adanya
Tdk menunjukkan keberpihakan
Hrs mampu menyajikan pandangan berimbang
Tentukan tema Narasi berdasar kondisi lapangan Normatif Interpretatif Deskriptif
Estetik. Ada transendence Situasi ketika bisa merasakan sesuatu yg tdk bisa dijelaskan dg pikiran Ketika terbahak2 sambil menangis lalu lari ke kamar mandi, di situlah estetika.
Estetika tdk bs diajarkan
Ada kastrasi Sampai menghasrat, desire. Need, adanya lack Demand, subyek yg synptom Desire, sublimasi
Gambar
Bgm pembaca mengapresiasi

Tahap sintakmatik, dijelaskan elemen2nya

Contoh demand. Subyektif

Contoh desire Emosi pengalaman pleasure and pain, yg membentuk sublime
Need, demand, desire

Ketiganya bertahap mengungkapkan alamiah, kesan dari seseorang, yg juga akan dirasakan org lain

Attoe dan lacan sdg berupaya menunjukkan bgm estetika dibentuk, dan kemudian kita menggunakannya utk melukiskannya.

Buku2 romo mangunwijaya tdk pernah ada daftar pustakanya, tp tetap diamggap buku ilmiah. Beliau mmg baca, tp meramumya sendiri. Jd itu tulisannya. Tdk perlu ada sitasi dll

Presentation time from contributor Ema: material lantai halaman menyilaukan Handayani trisakti: Belajar dr saka tatal untuk bangunan bentang lebar Didit dkv: lambang kura2 di masjid demak Mengapa bukan kaligrafi Allah sebagainana masjid pd umumnya? Apa makna kura2 sbg simbol?

Candi sukuh 3 arca kura2 dan cerita samudramanthana Bali, kura2 sbg bedawang nala, bisa menyebabkan gempa bumi Candi cetho, lawu Budaya pop dr mitologi china, master oogway Kura2 adl simbol kekuatan dahsyat mengatur bumi, poros bumi, lambang pemikiran bijak Brawijaya v bertapa
Gambar
Salmina: islam, feminisme dan ruang yg demokratis


Bu okka: pengalaman imajiner apa perasaan saat masuk di masjid asli yg versi lama. Trus saat ada balai panjnag atau gedhong dhowo (skrg disebut serambi), saat ada gapura depan dst sampai pengalmaan yg kmrn

Rusfina banjarmasin: Atribut ruang luar yg tdk optimal dlm eksekusi di masjid Akibat posisinya thd iklim Konsep Teori lanskap islam nusantara Jumlah pohonnya tdk berima, tdk berpola tapi juga tdk sakral. Sawo2 keciknya tdk simetris kanan kiri.
Gambar
Dian Nafi juga Sharing tentang proses kreatif penulisan buku


Share:

0 Comments