Merawat indonesia lewat #literasi #toleransi with kalis mardiasih dari @mojokdotco dan prof muhajir dari FKUB
Gambar


**

panel lainnya di festival patjar merah  antara lain:
**


Agama memanifestnya di kehidupan. Berlaku di semua agama. Ktk ngomongin islam berarti ngobrolin masyarakat muslim yg hidup dalam ekologinya, berdiri di tanah, airnya dst Kŕisten juga. Jd capek kalau ngomongin teks. Kenapa di masa lalu, org2 bs hidup dg lbh tenang
Ada unsur2 lain yg melatarbelaknagi knapa org2 melakukan violence. Misal social allienation. Merasa terpinggirkan dr tanahnya sendiri Ex: di blkg hotel2 besar, perumahan2 yg kokoh, ada 1 rmh kecil nyempil Sangat kontras Itu wajah kekerasan juga.
Mantan napi terorisme melihat sendiri pd jaman kecilnya aparat membonkar rumhanya saat bangun mall. Motifnya revenge. Yg tergantung pd yg mefasilitasi. Bs gabung dg pelaku tindak kriminil, atau laskar2 tertentu yg memberi nilai baru. Bagian dirinya yg ingin revenge, blum selesai

Bgm islam diterima masa kecil spt apa, cerita aja betapa islam santai Julia suryakusuma sejak 90 an memunculkan istilah moral panic Mainan anak hrs hafidz doll, baju anak2nya hrs islami, tasnya hrs ada huruf arab, topinya, mainannya islami. Moral panic - kalis

Komodifikasi agama, kata khatibul umam, moderatornya Jika hidup itu indah, maka tugas kita mengindahkan kehidupan, kata prof muhajirin Caranya belajar pd sopir. Bayangkan areal yg dipakai utk mobil itu terbatas. Tp tdk padha tabrakan, krn sopir2 itu tahu menabrak & ..ditabrak sama ruginya.
Sopir2 itu menuju tenpat2 yg berbeda, yg penting sampai tujuan dg selamat. Ttk temu peradaban pesisiran, pedalaman dan pegunungan Nama gubernur mardianto itu asal pedalaman Nama wakil ali mufidz pesisiran Pakai bhs kromo -prof mujahirin

Kromo inggil ke pak ali mufiz krn pesisiran yg alim.. Kromo inggil ke pak mardiyanto krn atasannya Jogja aman. Yg bikin tdk aman, biasanya org2 dr luar. Sbtlmya mnusia bth hidup Biologis, cari pakan, sandang, pangan. Klo gak selesai, bs kufur pd aturn Sosiologis Adab

Knapa bertengkar, krn pemahanan kita sdkt. Sumber kebenaran dan kebaikan ada 5 Kebenaran konstitutif. Dasarnya benar krn yakin. Keyakinan itu hafir dlm wilayah cerita rakyat, mitos, agama Benar bukan krn ceritanya, tp nilainy Mitos itu cerita yg dikeramatkn -prof mujahirin

Yakin di tata ruang itu ada penguasa dn penjaganya. Krn dpt kebaikan dr penjaganya, maka berterima kasih. Betuknya rutual, mempersembabka sesuatu. Reciprocitas. Hukum timbal balik. Masuk neraka itu yakin, jd tdk butuh verifikasi. - prof mujahirin

Ayatnya bener tp cara menafsirkan beda2 sekali. Misal ayat poligami. Kalau takut tdk bisa adil, maka 1. Tafsirmya ada yg monogami, ada yg poligami. Beda2: Inti islam, memyempurnakan adab Islam itu agama dan kekuasaan Islam itu jamaah Makin beradab,tp mkn kejam - prof mujahirin

Ali diam, tdk jd menebas krn musuhnya meludahi. Kalau aku memenggal lehermu krn nafsu, berarti bukan agama. Nafsu hrs terhindar dr itu. Amtara agama dan umat beragama, fakta empiriknya tjd tumpang tindih antara kptgn Tuhan dan umat yg ngaku bertuhan. Jd takfiri -prof mujahirin

Benar krn ekspriens dan scientific knowledge Kognitif Local wisdom Setiap masy tahu. Nelayan tahu kapn ikan dtg Benar krn kesepakatan sosial Ex adat istiadat. Krn fam sama2 siregar tdk boleh kawin Teori adl alat mencapai kebenaran -prof mujahirin

Kebemaran ethic Klo memberi sesuatu dg tgn kiri, maka tdk etis Kebemaran ekspresif, yg mnrt cita rasa seni. Misal gaya nyanyi kayang. Bimbo mengajarkan cinta pd Tuhan Sumber manusia aja beragam. Aplagi motifasi org2 Di gunung, yg lklhtn pohon2 di dpnnya - prof mujahirin

Kalau ada eksklusifism, bisa meningkat ke radikalism dan punya intensi ke ekstrimism - kalis Ada yg disebut sentimen kolektif. Jd yg benar adlh semua agama benar menurut pemeluk yg meyakininya - prof mujahirin

Kalau org masih sibuk dg atrihut2 berarti belum jelas nasibnya Kalau masih sibuk dg atrihut2 luaran,bersrti belum mengendap Jamaah haji hrs pakai gelang, krn org2 yg bersangkutan belum jelas bs balik lagi ke maktabnya atau tdk Agama adlh ada dlm endapan kita, bukan dlm atribut

Kita cari bahagia dlm hidup. Konstruksikan keberagamaan dlm mewujudkan keindahan Indonesia sdh merdeka, kenapa kok masih ngomong ma huwa radikal - prof mujahirin

tetep srawung biar bahagia #toleransi Nilai mengalami dialektika. Tak menentu. Maka cara yg paling mudah, cari dari yg lbh senior.bitu alasan yg paling logis

Al insanu mahalul khotto wannisynm inti manusia adl tdk sempurna. Melahirkan pemahaman2 Pelaku mencapai tujuan norm, di bawahnya ada kondisi 4 jenis Yg idealis, tdk akan korupsi Ada yg ambil, tp sdkt Ada peluang, knapa gak ambil, asal gak musyrik Ambil aja, klo dosa ya sekalian

Ada segumpal darah yg jk baik, maka baik semuanya. Jaga hati kita, agar selamat Poin agama adl menjaga hati Hati nurani tdk bs dibohingi. Yassiru wa laa tu assiru Tuhan tahu kapasitas kita Tp mnsia defend. Merasa ditakdirkan miskin, misalnya Pdhl malas - prof mujahirin

Ktk menulis sesuatu sbnrnya kebaca motifnya. Apakah berdasarkan ilmu atau mengedepankan emosi dan nafsu. Ktk berdasarkan emosi, efeknya bukan diskursus Org2 sbnrnya menggunakn medsos sbg medium pelampiasan Klo nulis dg niat baik, efekmya lbh baik dan panjang

Ciri tulisan berkah, berdampak, kelihatan dr feedbacknya. Meski hanya satu dua orang yg dpt energi lagi utk hidup Kegiatan literasi dibawa pd keilmuan, konsepnya lugas. Lugas gak ada hbgnnya dg emosi Lugas atau permisif Klo sosmed, perasaan spontan. -prof mujahirin

Hasil caption, memotong pembicaraan parafrase jd point itu jahat. Misal khotbah uas ttg catur itu haram kalau meninggalkan sholat, dipotong jd catur itu haram Jgn mudah terpancing Yg baik adlh tdk ngomentarin yg gak mutu. Suka menohok pihak lain itu tdk bermutu

eksklusif bukan hy agama, tp lainnya..tdk bs dihilangkan, yg bs dikurangi Klo org kaya baru, suka marah2in pembantunya terus. Kalau baru bekajar agama, merasa plg bemar Dlmdimensi sosial, smua org py konsep kebersamaan Boleh kompetitif dlm kebaikan - prof mujahirin

Byk2 tokoh agama yg Byk yg toleransi pura2. Maka butuh dialog 3 level Dialog Dialog Secara Peran sosial Dialog ttg Healing practice Barulah dialog theologis Bukan utk cari yg benar, tp mencari di mana kesamaan. Belajar pahami perbedaan. Bukan utk debat - prof mujahirin

Sayangnya, tdk ada kesanggupan utk berdialog Ciri beragama: org nyaman dekat dg kita. Itu prinsip - prof muhajirin

Riset ttg narasi kyk apa radical to violence Perasaan tertindas dimunculkan Utk memunculkan solidaritas utk melawan Ayat al ghuroba, strangers Memunculkan perasaan heroik, imajinasi2 keterasingan, harapan2 klo sdh ada khilafah tdk ada kemiskinan -kalis

Nikmatilah kesulitan krn dr sana akan ada upaya cari jalan keluar Nandur kurma, nanam benih dikasih batu di atasnya Pilih yg sulit2 di awal, agar di kemudian hari dot kemudahan #filosofi - prof mujahirin Ktk terlalu percaya, akan kecewa jk tdk sesuai fakta, atau mengikuti begitu saja.