Tips Optimasi Sosmed untuk Bisnis

Tips Optimasi Sosmed




Kunci optimasi SosMed = Great CONTENT is Great RESULT


Social media marketing adalah cara promosi yang paling populer. Untuk berpromosi lewat medium ini simpel.

Kita perlu membuat konten yang relevan, mempublikasikannya secara konsisten, dan terus menjalin hubungan dengan pengikut di media sosial. Ketika kita memegang ketiga cara tersebut, bisa dipastikan bisnis makin populer.



Do:
Riset Audiens
Buat Goals yang Jelas
Gunakan Metrik yang Jelas
Riset Kompetitor
Buat Konten yang Relevan dan Menarik
Tentukan Waktu Posting yang Tepat
Manfaatkan Ads
Evaluasi Performa


Don't:
Terlalu Banyak Konten Promosi 
Konten Tidak Relevan 
Terlalu Sering Posting 
Istilah Tidak Cocok dengan Brand 
Media Sosial Terlalu Sepi 
Tidak Menjawab Pesan 



Salah satu cara metode riset audiens yang efektif adalah teknik Bulls Eye yang dikembangkan oleh Gabriel Weinberg dan Justin Mares untuk memetakan strategi pemasaran di media sosial.



Beberapa metrik yang sering digunakan di kampanye media sosial:
Reach
Reach adalah jumlah unique user yang melihat postingan Anda di media sosial
Engagement

Engagement adalah jumlah interaksi di konten media sosial Anda.
Hashtag and Keyword Performance

Hashtag dan Keyword Performance adalah performa konten media sosial Anda di hashtag dan keyword tertentu



Beberapa platform pengelola media sosial yang cukup terkenal adalah SproutSocial, Buffer, HootSuite


INSTAGRAM

Tips jualan di instagram biar product kamu laris dan olshop kamu terkenal:
Pakai promosi di ig ads lebih membantu penjualan kamu, bisa juga pakai endorse selebgram.

iklan di ig ads. promosi 100 ribu buat sehari, dan liat hasilnya baru 6 jam, like dan save photo dah lumayan.

Followers? Ngga usah khawatir, udah jelas kalau foto dan caption kamu menarik followers bakalan datang silih berganti, ngga cuman followers ig aja yg bertambah, gara2 promosi ini followers shopee juga nambah kok

Soal orderan banyak itu BONUS, target utama kamu promosi kan untuk mengenalkan product dan toko kamu. Percuman punya dagangan tapi ngga ada yang TAU dan KENAL.


kita tahu urutannya, brand awareness lalu interest dan desire, baru action pembelian.

instagram ads tuh, kalo km nemu postingan yg ada tulisan “bersponsor” berati dia lg makek ig ads, lebih simple dari pada facebook ads. Pembayarannya bisa pakek debit card berlogo visa dan credit card apapun.

bisa nentuin target utama product kamu ke siapa,umur brp,lokasi mana


ig ads enak,km bisa nentuin target market km ke siapa, umur berapa, lokasi mana,bahkan km jg bisa ngatur porsi uang promosi kamu.Misal 100 ribu untuk berapa hari. Km jg tau hasil dari iklan kamu tuh kaya gimana. Karna nanti di akhir bakalan dikasih rinciannya sama pihak ig

Great tips on leveraging Instagram

ALREADY HAVE VIDEO CONTENT? UPLOAD IT TO IGTV

GO LIVE WITH THE TOPIC YOU’VE ALREADY COVERED

CREATE INSIGHTFUL INSTAGRAM STORIES FROM OLD BLOG POSTS

CREATE GRAPHICS FOR YOUR TRADITIONAL FEED

TURN YOUR INSTAGRAM CAPTIONS INTO MINI BLOG POSTS

REPURPOSE CONTENT FOR INSTAGRAM

Instagram live videos are a great way to promote your business and interact with your followers, but it can be difficult to know how to create engaging content. Here's some great tips on how to plan, promote & broadcast your next Instagram live video

Instagram has one of the most valuable and engaged audiences online.
The average user spends 53 minutes a day on Instagram consuming content.
One in five Instagram stories posted by businesses elicits a direct message.
83% of Instagram users discover new products or services on the platform.

When you go live on Instagram, your stream will reside at the front of the Stories queue for as long as you’re live, giving you valuable visibility and priority with your followers.

Instagram live-stream replays are segmented separately from story replays, so when a user goes to view your story, they can find your past live videos easier. This functionality also applies to Instagram story highlights.

In the wake of social distancing, even top broadcast personalities are choosing Instagram Live to create content

#1: Tips to Improve an Instagram Live Video Broadcast

Set Up a Practice Account
Prep Your Phone for the Broadcast Session
Get Your Presentation Assets in Order
Improve Your Tech
Strengthen Your Internet Connection
Free Yourself Up With a Lavalier Microphone

#2: Create an Incentive to Encourage People to Show Up for Your Instagram Live Video

ways to bolster urgency for your broadcast:
Live Q&A. If you’re a subject-matter expert and viewers are able to ask you questions freely, this might be reason enough to participate live rather than just consume recorded content that doesn’t allow dialogue.
Scarcity. Consider creating an offer or invitation that has a limited number of spots. You could offer to help the first five people who send you a direct message or create a coupon code with a limited number of available uses or redemption.
Disappearing incentives. Scarcity can also be achieved through a time window. Offer people an incentive that has a deadline for redemption. This option is more likely to capture conversions from viewers watching a replay.

#3: Promote Your Instagram Live Before the Broadcast

#4: Repurpose Your Instagram Live Video in Subsequent Stories Posts and Highlights



Meningkatkan reach dengan 4 hal ini
1. Post Video - konten informatif, saran pakai aplikasi Kinemaster 
2. Post Micro Blog - konten tips & trick dg beberapa slide gbr 
3. Post IG TV - hampir sama dengan video, hanya saja durasi lbh panjang
4. Riset Hastag Medium - apa itu hastag medium? Hastag yang tingkat persaingannya tidak terlalu tinggi. Jadi ada kesempatan reach viewer lebih banyak di #instagram kamu

Kenapa pakai konten yang ini? 4 tipe konten diatas adalah konten yang masih sedikit pesaingnya. Dibandingkan konten gambar yang sudah ratusan juta, 4 konten di atas belum terlalu banyak. Jadi masih ada kesempatan untuk menjaring reach yang lebih banyak di instagram
Pancing visitor untuk lihat profil IG kita, dengan tujuan melihat dan menaikkan engagement konten-konten kita yang lain. Termasuk konten gambar yang sedikit engagementnya


FACEBOOK

Memanfaatkan Fanpage Facebook untuk Menarik Trafik ke Website
Tulis konten yang berguna di Facebook 

Pilih Jenis Postingan yang tepat

Postingan Pertanyaan, mencoba mengundang follower untuk berbagi pendapat dan jawaban mereka.

Postingan gambar, karena orang cenderung visual. Infografis, custom image.

Postingan video. Berbagi video tutorial

postingan dengan link

Posting giveaway

Posting di waktu yang tepat.Guna mencari tahu waktu yang tepat untuk posting, Anda disarankan untuk menggunakan Facebook Insights.

5 jenis konten yang disukai:
Hiburan
Inspirasi
Pendidikan
Percakapan
Promosi




Hiburan
Memes
Lelucon
Nostalgia
Kontes & Giveaways
Teka-teki
Komik


Inspirasi
Trivia / fakta yang menakjubkan
Gambar yang mempengaruhi emosi
Cerita sukses dari orang ternama


Pendidikan
Link menuju blog yang relevan dengan produk yang dijual
Tips dan trik
Data-data hasil penelitian
Sumber daya gratis seperti tutorial dan strategi dalam bentuk ebook
Jawaban untuk pertanyaan yang sering ditanyakan
Studi kasus
Live streaming atau webinar

Percakapan
Jajak pendapat/ Polling
Pro Kontra
Meminta nasihat
konten “Caption this” foto



Promosi

sebelum  melakukan promosi di sosial media ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
Jangan jualan sebelum memposting 4 hal di atas. Kalau dalam sehari Anda 5 kali update status, Anda hanya punya jatah 1 posting untuk jualan.

Dalam berjualan Anda tidak boleh berjualan secara hard selling. Ingat selalu prinsip : orang suka belanja tetapi tidak suka dijuali.

Selalu gunakan softselling dengan teknik copywriting atau covert selling. Supaya orang merasa tidak dijuali secara langsung.


Contoh konten promosi untuk meningkatkan edge rank Facebook:
Produk gratis bagi yang mendaftarkan emailnya
Produk dan Layanan
Testimonial klien
Diskon


Tingkatkan Share Konten Facebook dengan Menggunakan Emoticons

Dorong Share Melalui Kontes

Semakin banyak share yang dihasilkan, semakin banyak orang yang mengenal  bisnis kita.


cara terbaik untuk belajar adalah dengan melihat dan meniru apa yang efektif di dalam bidang industri anda sendiri.

Pelajari ini:
Seperti apa post yang mendapat banyak like
Seberapa sering mereka menerbitkan post baru
Jam berapa post yang mendapat banyak like
Foto, cover, dan kelengkapan profil lainnya
  • Profil picture: gunakan logo dengan resolusi tinggi, jangan gunakan gambar yang buram
  • Cover: gunakan gambar yang menarik dengan resolusi tinggi, jangan gunakan sembarang gambar dari internet
  • About: jelaskan bisnis anda dengan singkat & menarik, hilangkan kata yang bertele-tele
  • Lengkapi semua informasi di tab Info, selengkap-lengkapnya

Facebook kita bisa dengan mudah mengenali siapa audiens yang kita incar. Caranya lagi-lagi dengan memanfaatkan brand saingan.

Kata kuncinya: “Interests liked by people who like [nama page]”
Ketika membuat konten, kalau anda membahas hal-hal tersebut maka jumlah like-nya akan lebih banyak.

Kata kunci ‘interests’ juga bisa anda ganti, misalnya:
Movies
Books
Restaurants
Places
Public figures
Organizations

Kalau page  sudah punya banyak like, bisa juga gunakan page sendiri supaya lebih akurat

ada beberapa “meta tag” yang harus anda pasang di website. Tepatnya di bagian <head>. agar ketika di-share di sosmed,  gambarnya tidak buram.



post berjenis teks sebaiknya tidak berdiri sendiri melainkan dibarengi gambar, video, atau link. Orang cenderung melewatkan post berupa teks karena tidak menarik.
Selain itu, sulit menyampaikan pesan dengan teks karena Facebook akan memotong teks yang terlalu panjang.
Jadi sebisa mungkin hindari teks tanpa media.

Sedangkan kalau anda menggunakan video, pastikan video tersebut anda upload di Facebook. Hindari menaruh link video dari YouTube

Supaya optimal, ukuran gambar yang anda gunakan sebaiknya mendekati persegi, atau berupa persegi. Ukuran gambar minimum adalah 472×394 px. Lebih dari itu tidak masalah, tapi jangan sampai kurang.

Link yang mendapatkan engagement terbaik di Facebook biasanya yang punya gambar berukuran landscape (memanjang ke samping).


Post di social media, termasuk Facebook, pada umumnya tidak bisa terlalu berbobot. Gambar hanya mengandung sedikit informasi, demikian pula dengan teks.

Bahkan video di Facebook rata-rata hanya dilihat kurang dari 30 detik:


Untuk konten berbobot tinggi dan panjang, terbitkan di website anda sendiri kemudian post link-nya ke Facebook.


mencari grup yang sesuai dengan bisnis anda, gunakan salah satu kata kunci berikut:
“groups named [nama industri]”
“groups about [nama industri]”
“groups joined by people who like [industri/page/kata kunci lain]”

Ciri-ciri grup yang bagus:
  • Sering ada tanya jawab
  • Setiap post banyak like/komentarnya
  • Membernya sering berbagi informasi berupa teks/gambar/link
  • Tidak ada post yang tidak berhubungan.

Berbagi informasi, panduan, dan bacaan lain yang bermanfaat bagi anggota grup. Selama 1-5 hari pertama tanpa link

Setelah beberapa hari, setelah dikenal, barulah ajak mereka like page anda.

Salah satu cara tercepat untuk mendapatkan respon positif dari anggota grup adalah dengan berbagi panduan untuk permasalahan tertentu yang dikemas dalam ebook (PDF).





YOUTUBE

Kenali Audiens
Rencanakan Pra Produksi Konten

• Daftar bidikan (buat daftar semua shot atau scene berbeda yang kamu butuhkan)
• Story board
• Properti
• B-roll (rekaman tambahan yang akan membuat cerita kamu menjadi lebih hidup ketika diedit)


Be original and passionate


BLOG

Konten macam apa yang perlu dibuat?

Satu, tentu saja konten yang menjabarkan fitur dan kelebihan produk. Standar saja.

Kedua, konten tips untuk memilih produk atau layanan tertentu. Untuk konten ini, Anda bisa memberikan tips-tips umum. Dari tips umum lalu Anda sambungkan ke kelebihan dan fitur produk. Dengan begitu, upaya promosi bisa jauh lebih elegan.

Ketiga, tips, trik, dan inspirasi penggunaan produk. Konten macam ini akan memantapkan calon konsumen dalam membeli produk. Sebab, mereka jadi tak kehabisan ide untuk memakai produk.



Untuk meningkatkan user experience, perhatikant:
Desain dan foto website. Keduanya harus menarik dan memberikan gambaran jelas soal produk yang Anda jual. Baca tips memilih foto desain web dan format gambar yang pas untuk web;


kalau anda membuat konten di website pastikan gambarnya punya ukuran minimum berukuran 470×246 px. Lebih dari itu tidak masalah, asalkan rasionya tetap mendekati.

Perhatikan kecepatan website. Website yang terlalu lama load bisa ditinggalkan calon pembeli. 

Rutin lakukan A/B Testing untuk meningkatkan conversion rate.




Tips social media:

(1) tentukan apa yg menjadi minat Anda
(2) Pilih komunitas yg sesuai.
(3)pilih tools yg sesuai (FB, twitter,blog, IG, YouTube, dll)
(4) konten (tell the story, communication, sharing, fokus, komitmen)



INGIN DAPAT GRATIS BUKU CONTENT & COPY WRITING?  KLIK LINK INI YA


Share:

0 Comments