Menggunakan Cat Kayu dan Besi untuk Furnitur Rumah



Menggunakan Cat Kayu dan Besi untuk Furnitur Rumah 

Memilih cat kayu dan besi yang tepat bisa menjaga keindahan dan kekuatan dari elemen rumah yang terbuat dari kedua bahan tersebut. Elemen kayu dan besi di rumah biasanya hadir dalam bentuk furnitur seperti kursi, meja, dan lemari serta kusen pintu, jendela, maupun pagar. Elemen kayu dan besi menjadi fitur dekorasi utama pada hunian di Indonesia saat ini. Perpaduan antara warna cat rumah minimalis konsep modern dengan elemen kayu dan besi akan menciptakan tampilan rumah yang estetik.
Elemen kayu dan besi yang tidak rawat akan mudah mengalami kerusakan. Misalnya elemen kayu akan mudah lapuk akibat suhu ruangan atau rapuh karena serangan rayap. Sementara ancaman terhadap elemen besi biasanya berupa karat yang jika dibiarkan bisa mengurangi ketahanan dari besi itu sendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya adalah dengan memilih produk cat kayu dan besi yang tepat.
Cat memiliki fungsi sebagai bahan pelapis sekaligus memberikan sentuhan keindahan melalui warna yang dihadirkan. Untuk cat kayu dan besi, biasanya ada dua jenis warna. Yaitu warna solid yang fungsinya untuk menutup seluruh permukaan dan warna transparan yang seringkali digunakan untuk mempercantik produk namun tetap memunculkan keindahan dari lapisan dasar produk tersebut. Seperti warna cat transparan untuk menguatkan guratan serat pada kayu.
Jika Anda ingin menggunakan cat kayu dan besi untuk elemen yang terdapat di rumah Anda. Sebaiknya perhatikan kualitas produk cat tersebut. Pilih produk cat kayu dan besi yang berkualitas tinggi, memiliki daya tutup maksimal agar tidak mudah mengelupas, mudah dicuci, tahan terhadap air laut, mengkilap,  dan terbuat dari bahan alkyd. Selain itu, untuk penggunaan outdoor, cat kayu dan besi terbaik harus mampu memiliki sifat melindungi terhadap cuaca, karat, jamur dan rayap.
Selain itu, pemilih cat kayu dan besi yang terpenting sifatnya harus mudah kering. Sehingga debu tidak mudah menempel saat diaplikasikan baik untuk interior maupun eksterior rumah Anda. Cat kayu dan besi berkualitas tinggi memiliki kadar kepadatan warna 40-70% tergantung jenis warna yang Anda pilih. Sementara ketebalan setelah kering sekitar 30-40 micron.
Mengaplikasikan cat kayu dan besi yang tepat
Cara mengaplikasikan cat kayu dan besi perlu diperhatikan dengan seksama. Aplikasi yang salah dilakukan bisa mengurangi kualitas dari cat itu sendiri. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengaplikasikan penggunaan cat kayu dan besi pada furnitur Anda. Berikut tipsnya:
Perhatikan permukaan yang ingin dicat. Permukaan yang ingin dicat harus bersih dari segala bentuk kotoran. Pastikan permukaan yang ingin Anda lapisi cat sudah bersih dari debu, kotoran, minyak dan cat sebelumnya yang terkelupas. Kemudian lakukan perbaikan pada permukaan yang rusak dengan amplas hingga rata dan bersihkan.
Untuk lapisan kayu: Gunakan pelapis anti rayap. Tutup lubang bekas paku atau retakan dengan wood filler atau pelapis khusus. Bila perlu, gunakan terlebih dulu cat pelapis dasar putih untuk menutup pori-pori kayu supaya permukaan lebih halus. Kemudian lakukan pelapisan cat utama.
Untuk lapisan besi: Pastikan permukaan bersih dari karat. Anda bisa gunakan bahan kimia khusus. Lanjutkan dengan pemberian lapisan antikarat. Lakukan pengecatan dan cat utama. Untuk mencapai hasil yang maksimal, lakukan pengecatan sebanyak dua lapis.
Demikianlah beberapa tips dalam penggunaan cat kayu dan besi untuk furnitur atau elemen kayu dan besi yang terdapat di rumah Anda. Semoga bermanfaat!



Share:

0 Comments