Recents in Beach

Sesi Praktik Manasik Haji Umroh

Sesi Praktik Manasik Haji Umroh




Gambar
Materi Lainnya:
Penyelenggaraan Haji dan Umroh
Tugas dan Fungsi Pembimbing Manasik Haji dan Umroh
Strategi dan Metode Pembimbing Haji dan Umroh

Fiqh Haji Dasar Klasik
Situs-Situs Haromain

Micro Guiding Manasik Haji Umroh
Psikologi Haji dan Umroh
Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Umroh
Hikmah dan Filosofi Haji
Penyelenggaraan Sertifikasi Pembimbing Haji Umroh
Character Building Pembimbing Manasik Haji Umroh
Dinamika Kelompok Psikologi


Yg hrs ditekankan pd jamaah adl syar'i-nya, bukan lagi teknis. Krn hanya sekali seumur hidup. Penilaian lbh pd aspek syar'inya. Soal teknis bs berbeda satu dg lainnya, tp substansinya tdk terbuka auratnya ktk melakukan tindakan2 yg ekstrim.

Rukun qouli dan fi'li hrs terpenuhi. Substansinya hrs kena
Gambar
Mgp manasik penting Bekal awal bg calhaj yg ada dlm negeri utk kelancaran haji mulai keberangkatan sampai kepulangan. Kenal rangkaian ibadah haji,fikih haji,lokasi haji,hal2 terkait Pembimbing hrs kompeten, kredibel, terstandarisasi Jgn perbyk materi regulasi. Fokus materi ibadah

Gambar
Materi miqot,tata cara pakai pakaian ihrom, tawaf, sai, wukuf, mabit, jamarat, tahalul dan hal yg dilarang dlm ibadah haji. Sampaikan dg bahasa mudah dipahami, hindari materi irrelevan, tekankan syarat,rukun, wajib haji Materi terintegrasi, terkoneksi dg kemenag spy terkoordinir

Hindadi sikap keakuan,inovasi2 pendapat pribadi. Ikuti pendapat masyhur, muttafaq alaih, jumhur ulama,pendapat mu'tamad, yg kompeten. Kalau pakai bhs arab, terjemahkan. Biar calhaj paham.
Gambar
Pembimbing hrs luwes. Jangan kedepankan perbedaan fiqhnya. Hindari kebanyakan anekdot saat penyampaian materi. Pakai aja video2 manasik dr kemenag Perhatikan keragaman calhaj Kuasai fiqh haji Jgn menakut2i calhaj
Gambar
Praktik manasik yg menyenangkan Tempat representatif Bahan/handout mudah dibaca, mudah dipahami Siapkan gambar, slide,video Gunakan bhs yg mudah dipahami. Jgn nglantur, krn calhaj beragam Pembimbing kompeten Hindari hal2 yg tdk perlu dibicarakan Model,strategi dialogis,interaktif
Gambar
Problem: Materi terlalu byk Tdk fokus pd persoalan haji yg benar Latar blkg beragam Pengetahuan pasca manasik belum meningkat Calhaj uzur, sakit, lansia Calhaj tdk mandiri, tergantung, manja Perlakuan manasik bagi lansia sama dg yg lain
Gambar
Buku manasik saudi, tipis banget, ringkas, org cepat paham stlh baca Buku manasik maroko 90 hlmn krn plus tanya jawab Video manasik tunisia
Gambar
Ada berbagai cara memakai ihrom. Yg penting, nyaman. Ada dasar yg membolehkan tikroru umroh. Pembimbing hrs menjelaskan dg arif dan bijaksana

Ingatkan pd jamaah Klo nafar awal, mabit mina 2 malam. Jumlah kerikil 49. Aqobah 7 Tgl 11 Ula, 7 wustho 7, aqobah 7 Tgl 12 Ula, 7 wustho 7, aqobah 7 Klo nafar tsani, mabit mina 3 malam. Jumlah kerikil 70 Aqobah 7 Tgl 11 Ula, 7 wustho 7, aqobah 7 Tgl 12 idem Tgl 13 idem

Yg kembali ke Makkah utk thowaf ifadoh, setelahnya hrs balik lagi untuk mabit Mina. Jangan tidur di hotel Makkah. Mabit Mina termasuk wajib

Knapa meninggalkan arafah saat maghrib Knapa meninggalkan muzdalifah tengah malam Knapa lontar bakda fajar Cari tahu Jk jamaah paham ini, mrk akan senang hati melakukan sesuai ketentuan
1. Jawabannya karena fi'lun Nabi Saw, nabi meninggalkan arofah ba'da Maghrib tidak solat magrib di Arofah, langsung bergegas ke musdalifah dan sholat maghrib dan isya di jama' Ta'khir. Itu afdholnya dan itu fiqih clasiknya

tapi kondisi skrg jumlah jamaah banyak sekali ngak mungkin semua bergerak ke musdlaifah dari arofah ba'da maghrib, bahkan, bagi mereka yg tdk dapat wukuf di siang hari sampai maghrib boleh wukuf di malam hari selama blm fajar, banyak sekali hal ini di muat dlm berbagai ktb fiqih


2. Meninggalkan muzdalifah stlh tengah malam adalah keringanan, seharusnya setelah syuruq, maka hal ini sdh jelas, klasik dan kontemporer. hal yg baru hanyalah kebolehan mabit muzdalifah di atas bus. Di muzdalifah mengambil batu, dan setelah tengah malam menuju mina atau Harom

3. Ini yg di maksud jumroh aqobah di tgl 10 dzulhijjah, dan ini termasuk ijtihadi, dan termasuk waktu jawaz, sedangkan waktu dhuha sd dzuhur adalah afdhol, dan bada zawal sd maghrib adalah ikhtiyari dan bada maghrib sd sebelum fajar adalah waktu jawaz


Posting Komentar

0 Komentar