Lesson Study Implementasi Merdeka Belajar

Lesson Study Implementasi Merdeka Belajar


Gambar
Seminar nasional penguatan lesson study dan konseling anak dlm rangka implementasi merdeka belajar era 4.0 pekan lalu diselenggarakan oleh UMK Universitas Muria Kudus bekerjasama dengan Pergunu dan YPM, Yayasan Pendidikan Muslimat NU dan Persatuan Guru Nahdlatul Ulama.

Lesson study memberdayakan guru dg cara kolaboratif, mendukung upaya merdeka belajar. Thn 85 an sdh ada CBSA, cara belajar siswa aktif. Dibalik jd guyonan, Cah Bodho Soyo Akeh. Krn guru maupun anak2, juga fasilitas belum siap. Lalu muncul KBK dst. Pendidikan berkembang tp lompat2

Gambar


Lesson study sdh teruji di jepang. Kualitasnya merata sampai pelosok desa. Sebuah upaya perbaikan pembelajaran dg memberdayakan guru2 dr berbagai kalangan utk kolaborasi. Shg guru2 yg sdh canggih bisa sharing dg guru2 yg ada di desa. Prof Sumar s2 di NY. S3 di kanada

Mall2 besar di amrik padha tutup krn masuk era 4.0. Org2 belanja dr rumah. Sekolah2 bs tutup. Guru2 tdk diperlukan krn org2 belajar via gadget. Ijazah juga bisa didapat via handphone. Pengajian2 juga akan tutup krn smua bs akses dr rumah. Guru hrs meningkatkan kualitas pembljrn

Merdeka Belajar in action via komunitas belajar di sekolah oleh Prof Sumar Hendayana, ketua lesson study. Indonesia consortorium for learning improvement (icli) Lesson study=sistem aktivitas belajar pendidikan profesional utk meningkatkan mutu penbelajaran berkelanjutan dg..

..memberdayakan komunitas belajar di sekolah. Mengkaji dan inovasi pembelajaran terus menerus agar tdk kalah dg gadget Bgm media,assesment,strategi. Hrs ada perubahan. Jgn cara2 lama dipakai terus
Gambar
Karakteristik komunitas belajar Guru,siswa saling belajar Keterbukaan Demokrasi

Anak yg lbh pandai mengajari teman2nya yg belum paham. Jd tdk jauh gap antara anak pinter dan yg kurang. Tutor Sebaya istilahnya. Scr sosial, ada kepedulian,peka, empati. Sekaligus menanamkan pendidikan karakter, peduli dg teman. Kepala sekolah, Org tua dll juga boleh lihat utk belajar melalui inspirasi.


Guru mefasilitasi agar anak2 bs saling belajar. Tdk hy dikelompokkan, krn bs dikerjakan satu org saja, yg lain hy nonton. Siasati dg menguasai materi konten dan kemas dlm cara yg mudah dipahami Jk anak enjoy belajar, ia akan semangat sekolah. Indeks pembangunan di bwh SMR

Faktor motivasi adl salah satu penyebabnya. Krn skrg byk beasiswa, ada byk peluang. Yg penting semangat belajar. Keunggulan. Manfaatkan sekitar sbg laborattorium Karya wisata melihat source di sekitar sbg bahan belajar. Lingkungan.

Prinsip desain pembelajaran berpusat pd siswa. Efektif efisien.
Gambar Komponen: materi ajar, guru, siswa. Bgm spy anak2 berani bertanya, berekspresi, kreatif, mandiri, argumentasi dg teman dll.

Hubgn didaktik materi dan siswa: Materi menarik, menantang. Kemas masalah2 yg kontekstual. Diharapkan siswa yg menemukan konsep. Anak2 indonesia hebat2, py potensi, kt hrs percaya dg mrk. Konsepnya hrs dijamin tdk salah.

Hbgn pedagogi guru dan siswa: Smua siswa terobservasi. Guru2 sbg observer Buka mata lebar2, kenali msg2 anak. Smua siswa hrs terlibat belajar Ada siswa yg cepat belajar, ada yg lambat. Dlm merdeka belajar, guru sbg fasilitator. Beri kepercayaan pd anak2. Teman2 apresiasi yg lain
Gambar
Di awal, guru hrs membrief agar siswa2 saling membantu, diskusi. Tiap kelompok diberi tugas yg beda. Fasilitasi dg whiteboard, spidol seorang satu. Boleh browsing pakai hape. Dg aplikasi mirror screen, bs memperlihatkan presentasi siswa meski nulisnya dr berbagai sisi berbeda
Gambar
Hbgn guru dan materi: antisipasi didaktik pedagogi. Guru hrs coba lbh dulu. Prediksi respon siswa dan memikirkan antisipasinya. Bgm jk hasil percobaan berbeda?

Mas menteri Pendidikan Nadiem Makarim bilang guru2 hrs menyederhanakan kurikulum. RPP cukup 1 halaman. Dg tetap meningkatkan kompetensi siswa agar tercipta Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.


Saat observasi, kalau perlu jongkok perhatikan siswa dr dekat. Refleksi pasca open class Pakai sticky notes Pleno utk bahas, evaluasi Apa lesson learnednya Gambar Refleksi Perilaku siswa Tujuan pembelajaran Logistik Fakta> alasan > solusi
Gambar

Contoh temuan fakta,alasan, solusi.

Jk salah satu roda diputar, roda lain ikut berputar. Desain shg pembelajaran berpusat pd siswa, menantang, kontekstual. Guru mjd observer, membuka kelas minimal sekali dlm setahun Jk 10 guru, minimal sebulan sekali 1 guru buka kelas. Yg lain jd observer. Gambar Manajemen mengatur

Sumedang jd kabupaten piloting. Kepsek jd inisiator dan monitoring. Guru2 lbh pedhe. Siswa2 makin termotivasi utk belajar

Gambar
Era 4.0 mengubah khdpn Mesin menggantikan org Org byk tinggal di kota Cara produksi berubah Sistem ekonomi baru tercipta Industrialisasi menyebabkan mslh baru

Bhs cinta utk anak dg kasih sayang, perhatian, sentuhan fisik. Meski mencukupi kemauan anak, awali dg tanya alasan mengapa itu penting utk anak. Jgn asal memberikan sesuatu yg anak mau. Panggil dg nama kesayangan.



Share:

0 Comments