Hasfa

Menerbitkan dan Menumbuhkan Kebaruan

Peran dan Dinamika Komik Di Indonesia



Di event festival literasi Patjar Merah Semarang kali ini ada juga sesi panel bersama @mice_cartoon, patrick jonbray, kujo comic dengan tema Peran dan Dinamika Komik Di Indonesia


##

Baca panel lainnya juga di Patjar Merah

Membawa Karya ke Kancah Internasional

##


Peran dan Dinamika Komik Di Indonesia

Moderator jd rajin sholat gara2 baca komik surga dan neraka. Dan suka jalan2 krn baca komik tintin. Poinnya di cerita, bukan gambar. Ada imajinasi komikus. Bobot literasinya kuat. Kosasih, jamintaraga. Skrg, bobot literasi menurun #komik 


Perusahaan2 besar skrg pakai komik utk menyampaikan pesan. Gambar2 tanpa teks bagi komikus juga bs utk menyampaikan pesan. Utk pemula, perbyk referensi dan coba share ke berbagai platform Penting mana animasi atau komik? 2 bidang yg beda. Tp anak2 lbh suka yg bergerak.
Komik lbh membangkitkan imajinasi. Imajinasi pembaca bermain di jeda, ruang kosong antar kotak panel komik. Pelestarian komik bukan dr pembacanya, tp komikusnya. Utk menaikkan derajat, komikus hrs meningkatkan kualitas ceritanya.

1 detik 24 gambar Ada yg nikmati panel per panel komik, ada yg nikmati audiovisual. Bisa krn masalah selera Ada yg bilang, belum disebut karya, klo blum ada bentuk fisik karyanya. Tp ada yg percaya, buku itu abadi. Ada sensasi yg beda. Meski skrg penerbitan menurun

Komik berkurang di toko buku krn byk pilihan komik digital ex: Ciayo, webtoon. Dan byk yg self publishing, cetak byk tp jual lgs ke pembaca. Org2 akan tahu karya kita tanpa hrs ngirim portofolio. Konsisten. Bagus. Jujur. Originil. Jk di repost, mk efeknya akan ke mana2
Konten islami, e-comic, i-comic Penting utk suka dan menghargai karya sendiri. Upload n konsisten Genre romance, horor,reliji yg merajai Tema sosial jd pilihan
@mice_cartoon
krn bahannya gak habis2. Indonesia beragam dan kaya. Dinamis. Seru. Beda dari byk negara lainnya

Selera pasar skrg: romance. Ambil jalur lain yg tdk tersentuh, eksperimen.Nanti pembaca yg akan menilai.Shg ketemu selera baru Apresiasi dan respon pembaca skrg beragam dan tdk seenak dulu krn jamannya sensitif. Author tdk bisa sesantai dulu. Jmn mkn terbuka,mkn sensitif #komik
2013 ke sini kita makin pecah. Kebersamaan berkurang Energi masy tersedot ke sana. Jd makin hati2 bikin opini. Shg byk komik receh krn menghindari pusing dan repot drpd diserang sana sini.

Baca komik strip utk inspirasi. Buat punchline di awal. Lht dr srimulat, monolog lucu di depan Lihat gmn normalnya org, lalu bikin yg gak normalnya, plesetannya. Fungsi #komik juga menggugah, mengubah sikap org. Ada org yg gak jd bunuh diri krn terhibur stlh baca komik

Ada profesor harvard yg memggambarkan rumus fisika, matematika, kimia dll lewat komik Yg tertanam dan diingat adl cerita. Gambar itu bonus. Kyk sinchan, gbrnya jelek tp bs menyihir org krn ceritanya bagus dan menghibur. Bobot penilaian: Cerita 65% gambar 35%

Stanley marvel gak bs gambar tp mendirikan perusahaan #komik Yg penting bisa bikin cerita, gbr bisa dikerjakan org lain. Sinergi. Cerita bagus itu yg beda, unik, detail Cerita bagus sbnrnya mslh selera Ada cerita bagus kalau alur dan penyampaiannya gak bagus, jd gak bagus

Bagus itu per segmen. Yg suka komik fantasi, gak suka #komik realita sosial. Cerita yg bagus adlh yg tepat sasaran.



Jobs To Be Done Startup
Baca juga tahapan startup workshop lainnya
Ignition
Workshop day 1
Workshop day 2
Hacksprint day 1
Hacksprint day 2
Product Development
Bootcamp day 1
Bootcamp day 2
Incubation day 1
Incubation day 2

15 Kunci Bagi Startup


SESI PERTAMA HARI KEDUA BOOTCAMP
Sesi ini berisi Talk tentang Marketing: Jobs To Be Done
Gambar
Jobs to be done. Org bukan beli bor, tapi beli lubangnya. Riset. Antara 7-7.30 pembelian milkshake, org2 office yg buru2. Di kereta dg satu tangan mengkonsumsi sesuatu. Jadinya cepat, dan kenyang sampai siang. Milkshake jual asupan cepat gizi. Pahami user persona, target market
Gambar


Byk effort yg bs diambil. Mesti tahu casual vector. Pelajari knapa produk laku.

Gambar















Ex. Basecamp, yg dicari user adl kenyamanan. Message nya kuat: mengganti kerumitan dg satu hal yg memudahkan.
Sesuai job yg di adress. Pahami user, background, situasi,job yg mau di tackle



Gambar
Ada anxieties. Analisis kenapa org2 gak pakai produk kita. Kebykn fitur malah bikin bingung. Kdg bukan mslh harga, ternyata misal sdh py byk buku, apa py waktu buat baca? Ada another address Ada insight2 lain Kt bs tetapkan harga tinggi Attraction factor Efishery,imej update IT.



GambarGambar














Forces of progress Struggle of the moment Attraction to product Anxieties about product Habits of product Sbnrnya saat hiring something, firing something else. Efishery gantiin anak kolam yg kerjanya gak optimal
Gambar
Masalah2 dan habit2 bs berubah2. Dinamis. Analisis perpindahan2nya. Perubahan2 lanskap. Gambar Peacemaker di india, menyediakan juga cara agar org bisa beli produknya.

Gambar
People hire you than your product


Gambar

Recap #marketing

SESI KEDUA HARI KEDUA BOOTCAMP
Ada materi tentang FINAL PITCHING, disampaikan oleh Founder Satu Persen.

Gambar
America is obsessed with happiness. Hidup lo mau dibawa ke mana. Pilihan mana yg akan kuambil utk fulfilling my life. Psikolog biasanya ngurus org2 sakit.Gambar Positive psy ngurus agar org2 sehat lbh positif Gambar Masalahnyaa... Gambar

1st phase: Edukasi market Target 2020 py 100rb subscriber youtube. Spy org teredukasi. Plan yg ambisius Gambar Hasilnya: Fastest in the world
Gambar

Next milestoneGambar
Key takeaway
Gambar

Titik berat pitching: - Real big problem - Story, secara psikologis orang lbh relate pd story - Produk/solusi - unfair advantage, uvp, cuma kami yg bisa bikin ini. - brp duit yg dihasilkan Ex: gak ada yg bisa attract market secepat ini kecuali kami. Hrs di bring up


FINAL PITCHING
Hari kedua bootcamp ditutup dengan Final Pitching dari semua startup yang lolos pada tahap ini, yang langsung dikomentari juri tamu dan sprintmaster. Kemudian recap final pitching dari keduanya.

Recap #Pitching by juri tamu n #sprintmaster Kalau produk Anda adl jawaban, apakah pertanyaannya Gambar Start with 1 sentence for statement Cari network effect utk scaling Anggap startup utk maisyah puluhan tahun ke depan Klo gak workout ya pivot Ada yg gak bisa kerja tim,cuthik aja

Kalau sdh C level, kerja 14 jam sehari. Weekend pun kerja Butuh determinasi dan komitmen luar biasa gila Kalau gak effort 1000%, gak akan workout Segera pivot jk dibutuhkan #recap #startup Level berikutnya ada tahap inkubasi

Kalau mau lanjutin, tdk perlu nunggu fase selanjutnya. Lolos gak lolos ke inkubasi, tetep lanjut. Wohooo, closing statement dr #sprintmaster menyemangati semua biar gak baper kalau gak lolos He3.






Minimum Viable Product Startup


Baca juga tahapan startup workshop lainnya

Ignition
Workshop day 1
Workshop day 2
Hacksprint day 1
Hacksprint day 2
Product Development
Bootcamp day 1
Bootcamp day 2
Incubation day 1
Incubation day 2

15 Kunci Bagi Startup

Gambar
Dalam Minimum Viable Product  alias MVP ini, Ada 3 framework.

Apple pertama kali bikin produk LISA. fungsionalnya macem2 tapi mahal.

fesbuk phone, produknya gak jalan. Hostingcolordotcom silicon valley, socmed pad utk lihat feed org2 terdekat, produknya gak laku.

Ada yg Develop it in secret until the big launch. Ternyata pasar gak butuh. Marketnya gak besar 42% #startup gagal krn tdk dibutuhkan market Mana lbh penting? Tim/produk/market? Market paling penting. Awalnya air bnb cuma 11 orang.

Gambar
Ada yg scrum n itiration, tp tdk pivoting, ya tdk workout. Bayangkan bikin kapal yg sdh di air, bersama2 customer. Engage dan pivot dg customer dr awal. Dptkan feedbacknya. Uji asumsi. Apa problem realnya, berubah2 sesuai dg customer/market. Ex. Keamanan, kecepatan dst


Gambar


Yang penting bukan produknya, tp sinyalnya, dg produk secukupnya. Apakah kita mengarah pd yg benar. Masalah apa selanjutnya yg hrs di solve. Zappos buat web seadanya. Dtg ke toko sepatu,upload di web, campaign free shipping no sales tax. Cara utk cari tahu, early adopter


Gambar

Bukalapak, go food juga di awal2 bikin model bisnis spt itu. Masukkin di resto2 utk trial. Stlh sinyal market sesuai, baru tawarkan sharing




Gambar

MVP hrs awesome jk ada byk pemain serupa.Tergantung kompetisinya

Cobain ke pasar,learn ideas Gambar Identify, think before building Who is this for What's the problem What are our hypothesis Can we test the hypothesis without building anything How we know if the experiment is successful
Gambar
Tentukan matriksnya Brp byk yg mau pakai, seberapa lama, sebrp sering dst Contoh MVP Babe Ide:org suka baca berita Problem:musti buka byk tab Hipotesa:app multiple news MVP:agregator app MVP launch:paid ads Metric:stabilitas, penggunaan


Gambar









Beda MVP dan MMP MVP bukan untuk dilaunch gedhe2an. Hrs siap untuk ambil insights. Kualitatif, kuantitaif


Gambar







Pelatihan Menulis Cerpen di SMPN 2




"Don’t tell me the moon is shining; show me the glint of light on broken glass." – Anton Chekhov
**
Kalau teman-teman baca jadual DNEvents 2019, ada lima kali sesi pertemuan di SMPN 2 di bulan Oktober dan November. Pelatihan cerpen (cerita pendek) kali ini memang dibagi dalam lima kali penyampaian materi.

Pertemuan pertama

Tentang elemen-elemen cerpen.
Tips bagaimana menggali ide dan seperti apakah cerpen yang bagus itu. Dilanjutkan praktik nulis membuat premis  dan sinopsis.

Pertemuan kedua

Tentang Drama 3 Babak dan Story Board. Konflik dan High Stakes. Lalu membahas lebih jauh mengenai plot dan string of scenes. Tips membuat adegan yang suspenseful dan engaging. Dilanjutkan praktik nulis.

Pertemuan ketiga

Tips membuat karakter yang menarik dalam cerita. Tips membuat dialog yang bernas. Compresseda and Essential. Dan bagaimana meramu semua elemen dalam cerita yang intriguing. Dilanjutkan praktik nulis.

Pertemuan keempat

Review Cerpen mereka. Lanjut memperdalam tentang karakter yang harus punya voice yang unik. Selanjutnya Tips membuat  setting for purpose, yang mendukung cerita.
Dilanjutkan praktik nulis.

Pertemuan kelima

Tentang gaya tulisan yang konsisten dan spesifik. Serta mengenai motif untuk kohesi dan kedalaman cerita. Dilanjutkan  praktik nulis. Dan review cerpen peserta.


Ada delapan belas peserta terpilih yang mewakili dan dipersiapkan untuk mengikuti lomba lomba cerpen baik FLSN Festival Literasi Siswa Nasional maupun lomba cerpen lainnya yang banyak diadakan oleh kampus ataupun dinas, instansi dan kementerian.

Setiap peserta didorong untuk praktik menulis cerpen sejak pertemuan pertama, dan selanjutnya direview, direvisi, diperbaiki terus menerus hingga pertemuan selanjutnya. Begitu terus sampai lima sesi, Dan bahkan seterusnya  boleh konsultasi via grup maupun japri.

Pesan untuk adik-adik yang belajar menulis cerpen, bacalah kembali cerpenmu dan rasakan serta perbaiki,

"Read it aloud to yourself because that's the only way to be sure the rhythms of the sentences are OK (prose rhythms are too complex and subtle to be thought out—they can be got right only by ear)." — Diana Athill

**

Mau mengundang nara sumber dari Hasfa Institute juga untuk mengisi pelatihan di tempatmu? Langsung klik bit.ly/wahasfa

**
Mau ikut pelatihan-pelatihan bermanfaat?
Daftarkan diri segera ke Hasfa Camp!
Butuh space, meja dan layanan internet untuk start-up mu?   
Butuh teman dan mentor untuk networking dan brainstorming?
Yuk gabung ke Hasfa Coworking Space
SMS/WA 085701591957

Follow also our sosial media account:
FB page : https://www.facebook.com/HasfaCreative
Twitter: https://twitter.com/hasfa_camp
Blog: http://hasfacreative.blogspot.co.id/
Web: http://www.hasfa.co.id/
IG: https://www.instagram.com/hasfacreative/




Postingan Lebih Baru Postingan Lama Beranda

Daftar Blog Saya

  • DeMagz
  • dian nafi
  • Hasfa
  • hybrid writerpreneur
  • writravelicious

Popular Posts

  • 21 Pertanyaan Untuk Kreator Dan Inovator
  • Gratitude Journal 2022 Dian Nafi
  • Desain Rumah Tinggal Blambangan
  • Gratitude Journal 2021 #DNevents
  • Arsitektur Nusantara Yori Antar
  • New Book: Unfairness by Dian Nafi
  • Arsitektur Nusantara Mengkini dan Menanti
  • HASFA Architecture Design Consultant
  • Buku Baru! Novel Si Naga karya K-San
  • Buku Seri Ulama Perempuan by Dian Nafi

Most Popular

Menulis, Menghidupi: Perjalanan Menuju Writerpreneurship

Menulis, Menghidupi: Perjalanan Menuju Writerpreneurship

21 Pertanyaan Untuk Kreator Dan Inovator

21 Pertanyaan Untuk Kreator Dan Inovator

Popular Posts

  • Menulis, Menghidupi: Perjalanan Menuju Writerpreneurship
      Pernahkah kamu merasakan, ada kalimat yang begitu lama berdiam di kepalamu, menunggu waktu yang tepat untuk lahir di halaman kosong? Pern...
  • 21 Pertanyaan Untuk Kreator Dan Inovator
    21 Pertanyaan Untuk Kreator Dan Inovator  Ide sesungguhnya mudah dan gratis, eksekusinya yang mahal dan sulit. Bukan saja karena mem...
  • Menggali Cerita, Menemukan Makna: Belajar Riset dengan Narrative Inquiry
      Setiap penelitian selalu berangkat dari pertanyaan. Namun, sering kali data yang kita kumpulkan terasa kering—seperti angka-angka tanpa ny...
  • Sponsorship for Attending Conference
    Banyak mahasiswa, dosen, atau peneliti menghadapi hal yang sama. Berikut beberapa opsi sumber sponsorship untuk biaya registrasi konferensi...
  • Arsitektur Nusantara Mengkini dan Menanti
    Arsitektur Nusantara Mengkini dan Menanti Kebhinekaan Arsitektur arsitektur nusantara menggubah ruang dan bentuk, dalam prosesnya ada...
  • Arsitektur Nusantara Yori Antar
    Arsitektur Nusantara Yori Antar Selama tdk sadar betapa kayanya negeri kita, tak mungkin create better Cagar budaya versi barat, ka...
  • New Book: Unfairness by Dian Nafi
      New Book: Unfairness by Dian Nafi Buku Baru: Unfairness by Dian Nafi tadinya memiliki empat alternatif cover. Ada yang covernya ungu biru ...
  • Buku Seri Ulama Perempuan by Dian Nafi
     Buku Seri Ulama Perempuan by Dian Nafi Alhamdulillahi robbil alamiin. Selama satu minggu full kemarin dian nafi dan tim hasfa institute had...

Cari Blog Ini

Events

  • Events 2022
  • Events 2021
  • Events 2020
  • Events 2019
  • Events 2018
  • Events 2017
  • Events 2016
  • Events 2015
  • Events 2014
  • Events 2013
  • Events 2011-2012

Archive

  • ▼  2025 (8)
    • ▼  Agustus (2)
      • Menggali Cerita, Menemukan Makna: Belajar Riset de...
      • Menulis, Menghidupi: Perjalanan Menuju Writerprene...
    • ►  Juli (1)
    • ►  Mei (1)
    • ►  Maret (3)
    • ►  Februari (1)
  • ►  2024 (25)
    • ►  Desember (2)
    • ►  November (1)
    • ►  Oktober (4)
    • ►  September (2)
    • ►  Agustus (1)
    • ►  Juni (3)
    • ►  Mei (1)
    • ►  Maret (2)
    • ►  Februari (3)
    • ►  Januari (6)
  • ►  2023 (32)
    • ►  Desember (5)
    • ►  Oktober (2)
    • ►  September (3)
    • ►  Agustus (2)
    • ►  Juli (3)
    • ►  Juni (2)
    • ►  Maret (4)
    • ►  Februari (7)
    • ►  Januari (4)
  • ►  2022 (36)
    • ►  Desember (1)
    • ►  November (4)
    • ►  Oktober (9)
    • ►  September (15)
    • ►  Agustus (1)
    • ►  Juni (1)
    • ►  April (3)
    • ►  Maret (1)
    • ►  Februari (1)
  • ►  2021 (31)
    • ►  Desember (12)
    • ►  November (1)
    • ►  Oktober (2)
    • ►  September (4)
    • ►  Agustus (2)
    • ►  Juni (4)
    • ►  April (1)
    • ►  Maret (1)
    • ►  Februari (3)
    • ►  Januari (1)
  • ►  2020 (89)
    • ►  Desember (1)
    • ►  Oktober (1)
    • ►  Agustus (6)
    • ►  Juli (12)
    • ►  Juni (9)
    • ►  Mei (9)
    • ►  April (38)
    • ►  Maret (4)
    • ►  Februari (4)
    • ►  Januari (5)
  • ►  2019 (61)
    • ►  Desember (11)
    • ►  November (6)
    • ►  Oktober (24)
    • ►  September (7)
    • ►  Agustus (5)
    • ►  Juli (5)
    • ►  Februari (3)
  • ►  2018 (46)
    • ►  Desember (2)
    • ►  November (8)
    • ►  Oktober (14)
    • ►  September (9)
    • ►  Agustus (3)
    • ►  Juli (1)
    • ►  Mei (1)
    • ►  April (6)
    • ►  Januari (2)
  • ►  2017 (108)
    • ►  Desember (2)
    • ►  November (7)
    • ►  Oktober (7)
    • ►  September (3)
    • ►  Agustus (11)
    • ►  Juli (4)
    • ►  Juni (2)
    • ►  April (57)
    • ►  Maret (13)
    • ►  Februari (1)
    • ►  Januari (1)
  • ►  2016 (36)
    • ►  Desember (6)
    • ►  November (1)
    • ►  Oktober (29)
  • ►  2015 (1)
    • ►  Juli (1)
  • ►  2014 (3)
    • ►  Oktober (1)
    • ►  Agustus (1)
    • ►  Juli (1)
  • ►  2013 (1)
    • ►  September (1)

Make a Difference with Education

Make a Difference with Education

Pages - Menu

  • Hasfa Institute
  • Hasfa Architecture Consultant
  • Hasfa Books & Publishing
  • About and Contact Hasfa

Hasfa

Menerbitkan dan Menumbuhkan Kebaruan

Novel K-San

Novel K-San

Categories

Buku 115 arsitektur 87 Pelatihan 58 Novel 53 tips 34 cerpen 15 perempuan 11 pesantren 11 motivasi 10 puisi 10 pengembangan diri 8 enterpreneurship 7 spiritual 7 novela 4 anak 2 komik 2

Advertisement

Responsive Advertisement
  • Home
  • Books
  • _Fiksi
  • __Cerpen
  • __Novel
  • __Puisi
  • _Non Fiksi
  • _Cerita Anak
  • _Fantasi
  • Institute
  • Arsitektur
  • Foundation
  • Contact

Advertisement

AD BANNER
  • Home
  • Kelas Blog to Book
  • Kelas Writerpreneurship
  • Kelas Memoir Biografi
  • Kelas Artikel
  • Kelas Creative Writing
  • Kelas Novel
  • Kelas Cerpen
  • Kelas Menulis Fiksi
  • Kelas Penerbitan
  • Kelas Menulis Buku
  • Kelas Enterpreneurship
  • Kelas Puisi
  • Kelas Script Film

hasfriends

hasfriends

Tags

  • Kelas
  • Pelatihan
  • event
  • fiksi
  • non fiksi
  • puisi
  • review
  • tips

Hasfa Institute

  • Kelas Blog
  • Kelas Content Writing
  • Kelas Copy Writing
  • Kelas Digital Marketing

Copyright © 2016 Hasfa. Created by OddThemes