Happy Word Art Day - Hasfa

Jumat, 15 April 2022

Happy Word Art Day

 Happy Word Art Day 





Ada yang tahu kalau hari ini adalah hari seni sedunia?



Ternyata Perayaan Hari Seni Dunia (World Art Day) diselenggarakan setiap tanggal 15 April. Sidang umum sesi ke 40 UNESCO, mengukuhkan secara aklamasi pada tahun 2019. Dipilihnya tanggal 15 April, sebagai penghormatan hari lahirnya seniman Leonardo Da Vinci (15 April 1452-2 Mei 1519). Saat itu, UNESCO sedang memperingati 500 tahun kematian Sang maestro yang menjadi simbol manusia pencerah yang mengintegrasikan seni, sain dan teknologi.

Usulan World Art Day dilakukan oleh International Association of Art (IAA) ditandatangani 150 seniman dari berbagai belahan dunia pada pertemuan di Gualdajara Mexico pada 2012. Sejak itu,  komunitas seniman berbagai negara berjejaring menyelenggarakan ragam kegiatan yang meletakan seni sebagai energi kebebasan berekspresi, mendorong perdamaian, persaudaran, toleransi, keragaman dan pemuliaan kehidupan.

Sejak dikukuhkan UNESCO, tujuan perayaan dipertajam dan diperluas menyesuaikan kebutuhan mendesak dan jangka panjang. Bersifat inklusif dengan mempertimbangkan kesadaran planeter dan pembangunan berkelanjutan. Merebaknya pandemi global, semakin menyadarkan peran seni dan kreativitas untuk menjaga daya hidup, harapan dan solidaritas. Seni merupakan jalan sekaligus tujuan keberlangsungan dan kehadiran manusia.

Selamat Hari Seni Dunia. World Art Day. 
15 April 2022.



Jadi pas juga ya kalau hari ini tadi kita rayakan hari seni sedunia bareng dewan kesenian daerah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar