Arsitektur Uma Tarung Sumba

Arsitektur Uma Tarung Sumba

Webinar Perjalanan Mengenal Indonesia kali ini menyajikan arsitektur Uma Tarung Sumba

baca juga perjalanan mengenal arsitektur indonesia sebelumnya:
arsitektur rumah kampung adat GuruSina
arsitektur kampung adat di jawa bagian barat
yori antar: arsitektur nusantara
prof joseph: arsitektur mengkini dan menanti
arsitektur Lasem Lasem 2 Lasem 3 Lasem 4
arsitektur masjid agung demak

Ada sepotong puisi Taufik ismail yang menyajikan tentang Sumba.
BERI DAKU SUMBA

di Uzbekistan, ada padang terbuka dan berdebu
aneh, aku jadi ingat pada Umbu
Rinduku pada Sumba adalah rindu padang-padang terbuka
Di mana matahari membusur api di atas sana
Rinduku pada Sumba adalah rindu peternak perjaka
Bilamana peluh dan tenaga tanpa dihitung harga

Tanah rumput, topi rumput dan jerami bekas rumput
Kleneng genta, ringkik kuda dan teriakan gembala
Berdirilah di pesisir, matahari ‘kan terbit dari laut
Dan angin zat asam panas dikipas dari sana

Beri daku sepotong daging bakar, lenguh kerbau dan sapi malam hari
Beri daku sepucuk gitar, bossa nova dan tiga ekor kuda
Beri daku cuaca tropika, kering tanpa hujan ratusan hari
Beri daku ranah tanpa pagar, luas tak terkata, namanya Sumba

Rinduku pada Sumba adalah rindu seribu ekor kuda
Yang turun menggemuruh di kaki bukit-bukit yang jauh
Sementara langit bagai kain tenunan tangan, gelap coklat tua
Dan bola api, merah padam, membenam di ufuk teduh

Rinduku pada Sumba adalah rindu padang-padang terbuka
Di mana matahari bagai bola api, cuaca kering dan ternak melenguh
Rinduku pada Sumba adalah rindu seribu ekor kuda
Yang turun menggemuruh di kaki bukit-bukit yang jauh.

Sajak-Sajak Ladang Jagung, 1970
**
Gambar


Wulapudu 2017 terbakar Org2 sumba tetap melakukan ritual. 28 rumah terbakar. Dg cepat mrk recovery Mrk percaya stlh meninggal akan berjalan ke hutan purnambu (paradise) Relasi erat rumah, masyarakat dan hutan

Sumba memanfaatkan bahan alam utk bangun rumah. Kondisi safana sumba kanan kiri jurang shg hrs ada org di blkg utk memastikan keamanan. Maksimal menarik 1 tiang per rombongan. Jk butuh 4 tiang, antar rombongan berlomba utk cepat sampai dr hutan ke area pemukiman


Gambar


Kayu sampai. Memasuki babak kelahiran. DNA sama dg orgtua/pendahulunya. 2 bidang depan belakang penting Kayu panjang digunakan utk menyangga beban. Pani kalada balok besar utk menyalurkan beban Ada berbagai cara utk menarik mendirikan kayu2nya Byk pakai ikatan2

Gambar


Bulatan2 dibuat utk mengikat Pemasangan balok sbg pondasi loteng atas Kulit pinang sbg alas 4 tiang dimasukkan ke sela2 lantai Menara didirikan Proporsi diukur dg menggunakan anggota tubuh Balok bawah pinggang Bahu balok atas Kepala utk ukur tingginya dst
Gambar
















Tali hutan utk mengikat Stlh smua dipasang disusun. Atap dipersiapkan. Penjepitan alang bagian puncak jd prosesi terakhir. Tradisi pasola gampang lempar lembing. Maka alang juga dilempar. 1 hari jadi 2 tanduk omah dipasnag di 2 sisi menara Alang2 dijepit kayu Tarian di atas rmh

Gambar

Api di umah penting. Bagian dr kehidupan mrk Tdk punya jendela Sirkulasi udara gmn? Umah sumba panggung Tungku di tengah, celahnya membuat udara masuk Asap merayap keluar Asap itu juga utk mengawetkan Yg memimpin rumah adl perempuan krn dia yg menghidupkan tungku

Gambar


apa fungsi ruang loteng pada atap Menara rumah tersebut bentuk atap secara awam mirip joglo namun menaranya sangat tinggi, adakah penjelasan tentang bentuk atap tersebut?

Gambar

Tiap rumah py otoritas sendiri Pd perkembangannya ada yg menggunakan beton tapi diperlakukan sbgmn kayu Bbrp lain tdk terikat membgn rumah besar spt sblmnya Ada hal2 yg perlu kajian mendalam terkait polarisasi ruang
Gambar

Dari konsep konstruksinya kelihatan org lokal paham konsep pergerakan udara tropis dalam bangunan, apakah ada literatur setempat yg membahas secara ilmiah konsep arsitektural dan pergerakan udara.

Gambar

Jd menarik krn ada tambahan ruang2 baru misal mck, rg ekonomi kios. Dg arsitektur ringan.

Gambar

10 orang melakukan tarian, melompat2 dinamis Ritme2 berulang tp dg improvisasi2

GambarGambar

Metode merakit sekaligus merancah Di tarung rapat kiri kanan. Beda dg di ratenggaro Ada aturan tertentu? Orientasi titik tengah batu kubur Bangunan hadap kubur batu

Gambar
pelajaran2 apa saja yg diambil dr narasi tsb ada 3 hal Pemahaman komunitas mengenai hbgn antara manusia dan alam Hbgn antara struktur rumah& struktur masyarakat/komunitas nyata dan benar2 berfungsi Kemungkinan&batas2 dinamika/perubahan dr struktur rumah tradisional dan kebudayaan Sumba.
Gambar

apakah witi karimbiyo hanya sementara sebagaai kerangka atap, ataukah permanen? Di Ratenggaro hanya sementara saja.
Gambar
Jika dilihat dari tingginya atap rumah dan posisi berada dekat dengan pantai atau bahkan dataran tinggi, apakah ada satu mekanisme lokal utk menyikapi angin?

uma itu rumah tinggal atau rumah adat? kalau rumah adat maka uma hanya ditinggali selama sekitar tiga bulan, dan sisa waktunya dihabiskan di rumah kebun. Uma yang rumah adat ini merupakan rumah adat yang menjadi tanggungan empat keluarga. apakah di Tarung begitu keadaannya?
Gambar
GambarGambar

Adakah konsep tata ruang luar tradisional yg spesifik dipengaruhi kosmologi dan kepercayaan masyarakat setempat?

apakah dalam proses pembangunan tersebut, dikomandoi oleh seorang kepala tukang (tukang yang dituakan) di mana nantinya intruksi, serta dalam menentukan ukuran bangunan menggunakan berpedoman pada "anatomi" tubuh beliau? (spt ukuran berdasarkan jengkal, depa, kaki, lengan, dll)

GambarGambar
lucu dan konyol ya, penggantian dari alang-alang menjadi seng tidak disoalkan oleh orang Sumba, tapi dimasalahkan oleh orang sekolahan. Di arsitektur Nusantara, perubahan bahan itu bukan masalah! - prof joseph

Pesan apa yang bisa disampaikan untuk arsitek dan arsitektur masa kini?

GambarGambar di Ratenggaro dan Wainyapu tidak ada dinding berkeliling sebab lereng atap telah mampu menjadi penaung yang nyaman. apakah di Tarung ada dinding berkeliling?
Gambar

Dlm konteks Tarung, rumah adat juga merupakan tempat tinggal, krn rumah tersebut butuh utk dihidupkan. Kegiatan2 ritual adat yang berbasis pertanian tentu berkaitan erat dengan kegiatan domestik dalam rumah. Oleh karena itulah rumah adat juga ditinggali, dalam konteks Tarung.
Gambar

bagaimana hubungan antara kampung Tarung dengan kota Waikabubak? sepertinya kota yang mengelilingi kampung2 itu sudah cukup modern. apakah kampung2 itu dipaksa untuk tetap 'otentik'?
Gambar

karena kita tercetak dg pikiran yg mengukur dg meter, maka antropometri mjd benda yg mengherankan. melihat arsitektur masa silam dg pengetahuan & teknologi di masa silam itu sendiri manusia yg dijadikan ukurannya,ukuran bukan utk industrial (meter) tetapi individual (antropometri)
Gambar
di retwnggaro dan wainyapu, bahan makanan disimpan di atas perapian, jadi ada para-para di atas perapian. Rongga menara dibiarkan kosong.

Gambar

Share:

1 Comments