Recents in Beach

Ngemil Baca Novel Poligami Pesantren

Ngemil Baca Novel Poligami Pesantren




Dapat kiriman novel poligami di pesantren 500 hlmn. Belum juga kubaca. Sdh hampir 2 minggu novel itu nganggur. Mungkin karena agak malas baca-baca tentang poligami.

Namun padha akhirnya, aku baca juga. kasusnya kayak inevitable gitu sih ya, jd ya gimana;D
Ispernya gak bisa hamil, rahimnya diangkat. Keluarga suami butuh penerus untuk pesantren mereka. Ya gitu deh. Poligami seperti jadi tak terhindarkan.

Lanjut #ngemilbaca novel poligami pesantren. Ada bbrp bagian yg berbeda, dari sudut pandang suami, isper, isked utk satu kejadian yg sama. Sama2 mengalami gejolak batin emosi. Suami serba salah dan berusaha adil, isper cemburu meski pilih sendiri, isked berusaha tabah dan sabar.

Gus e ternyata lulusan hadramaut. Khas santri makah sholatiyah, meski gila kitab, ahli mutholaah,tp penampilan rapi. Melas banget si mey santri ndalem yg jadi isked nih. Dulu semasa masih santri, dia dan teman2nya tanpa beban berkelakar jk lihat gus e guyonan dg ning e. Tapi stlh jd isked, pemandangan spt itu mau tak mau bikin cemburu
Ada bbrp lesson learned terselip dlm cerita. Bgm komunikasi sbg pupuk unggul relasi Isked hrs bs menempatkan diri, krn ia dtg belakangan. Musti nrimo. Ini juga yg kudpt dr riset 3th ttg poligami. PR justru di isked
Nilai2 pesantren juga terselip lewat laku ataupun dialog2. Misal: sandangan kuwi dudu klambi. Ananging ngelmu. Identitas diri bukan busana material,tp balutan keilmuan. Gus e sampai bikin skenario agar isked merasa dihargai, dan isper dlt respek org sekitar dg cara menghadiahkan gamis desain isper utk isked
Guidance bgm adil poligami sbgmn dicontohkan rasul diselipkan dlm cerita. Adil dlm tempat tinggal, pakaian, nafkah lahir, penggiliran /baitutah

Nilai2 kemandirian, wirai dibagikan. Nyambut gawe adl ibadah. Shg bgn bisnis2 u/ dukung ekonomi pesantren



Griya dahar, cafe, butik, toko mebel, dst jd ladang maisyah pesantren. Ada bagian yg cerita ttg harun yahya. menjwb tuduhan2 ttgnya. Nyelip aja sih ini kyknya. Macam misi pribadi penulis yg ingin meluruskan gosip2 ttg HY. Kasihan si suami pas sempat jerit senang lihat testpack
tanda isked hamil, tp sgera terdiam demi lihat ispernya. Haha sakne. Mmg gak gampang punya 2 istri. Musti jaga perasaan dua2nya. Dan terutama isper ya kan. Mamam tuh:D Ibu mertua ternyata justru sayang ama isked,krn suka ama karakternya. Dan scr background,py kesamaan2

Kyai mendidik santri dg slalu memahami mukhotobnya. Bertahap spt naik tangga. Gradual dan bijak Sejatinya ibadah itu candu jk sdh kita temukan madunya. Awalnya paksaan, selanjutnya konsistensi yg melibatkan ketulusan Gus e repot beristri 2. Hrs nggombal dlm 1 waktu pd 2 org

Spy menghindari kecemburuan istri,terpaksa bohong. Misal senyum2 krn baca wa isked, pas ditanya isper jwbnya senyum2 krn denger ceramah gus qoyyum. Hadeuh Bbrp kisah&filosofi2 yg relate dg situasi2 poligami ditampilkan. Aka ttg menyimpan aib,kewalian sebab sabar hdpi istri
Cerita diselipi subplot asih badrun,santri ndalem. Nih kbykn ceritanya cembura cemburu terusss Isper intip2 gawai suami,yo malah nambah panas ati tho yo. Hadeuh Eh ndilalah kok ya isper ketemu teman dkt jmn kuliah,dan jd py kesempatan pameran fashion bareng Dramatic quest

Carilah pasangan yg mukafaah, krn akan memengaruhi keselarasan dlm hidup, memudahkan dlm ibadah setelah nikah. Pesan gus e pd santri ndalem yg lagi cari jodoh. Alias sekaligus pesan buat pembaca semua

Ndilalah juan (teman lama zarin) adl anak angkat. Mama angkatnya mandul. Shg ia simpati pd zarin. Menawarkan cintanya lagi Zarin matur abahnya perihal ini Dan tentu saja kita tahu jwbn abahnya. Menyarankan putrinya utk stay at poligami marriage than leaving for another guy

Ketulusan dan kesempurnaan milik Allah. Orang2 berilmu dan senantiasa mengamalkan ilmunya, akan mendapatkan cahaya ilahi, diberi kekuatan utk merengkuh ketulusan. Itu abah zarin ngeyem2i anake wedhok yg takut tdk bisa tulus dlm kehidupan poligaminya

Isper balik ke tuban krn dituduh selingkuh. Suami nyusul 3x,gak berhasil. Si juan malah nyusul ke sana Abah isper nasihatin gus e. Bisa saja dia ambil putrinya sejak awal, tp jalan poligami tlah dipilih His speech: Amal jariyah tdk hrs lewat anak kandung. Hdpkn islam / kerajaan?

Meneruskan pesantren hrs dg keturunan sedarah bisa jadi bentuk kesombongan terselubung. Byk teladan kyai tdk poligami meski tdk berketurunan Yai sahal mahfudz,yi mundzir menantu yi munawir krapyak,bib muhsin mulahela. Pdhl mrk juga mengampu santri&umat *kyai dian nafi juga,fyi

Mertuanya ini guru/kyainya. Jd bisa bayangkan remuknya hati gus e, ketika mertua bilang akan sulit bagiku memberimu ridlo jika zarin sampai nikah dg lelaki yg bahkan shalat sj belum benar (Juan,maksudnya. Yg bhkn dtg nyumbang 40jt ke pesantren zarin)
Induksi laktasi, stim cell pd rahim, rekayasa medis mencangkok sel pd rahim,bentuk rahim baru,endometrium baru, transplantasi rahim. Kalaupun tdk bisa, diterima apa adanya,bs adopsi Juan yell at gus e.
Salah langkah kalau di novel ini mmg dibuat spy tjd greget. Begitchu. isper gak nyampein amanah mertua ke nyai jogja tapi gak jadi matur/lapor. Isked komen IG juan trus dihapus, dan malah ngasih clue alamat ortu isper dst dsb Dari kekeliruan2 tsb lah konflik ramp to the max.

Kemarahan gus e pada isked krn dianggap ingin menyingkirkan isper, mmbuatnya mengusir isked dan tdk boleh balik sblm dijemput. Dhuarrrr!! Emosi ki memang bisa bikin persoalan tambah runyam wae. Hadeuh Pdhl ya salah paham aja semuanya. Asumsi2 sendiri aja. Not real situation
Di saat gus e ditinggal pergi isper n isked, ia sowan kiai mabrur pelaku poligami 3 istri yg terkenal rukun. Kupikir tadinya kyai mabrur yg bakal kasih wejangan dan kiat2. Tapi ternyata dptnya dari org lain. *pembaca sdkt kecewa ya kan

Isper balik ke rumah. Gus e siap utk satu saja. Tp isper akhirnya minta suami jemput isked. Abangnya isked kasih syarat, kalau terjadi apa2 lagi di masa yg akan dtg, hrs isper yg ditinggalkan Gus e gak bisa dong,gus e balik Huhuhu gak enak nih endingnya. Sedih beut,isked dicerai




Posting Komentar

0 Komentar