Recents in Beach

Semua dimulai Dari 1 Kalimat

Semua dimulai Dari 1 Kalimat




1 KALIMAT PEMANTIK

Kadang kita beruntung menemukan satu baris kalimat tiba-tiba menubruk kepala, yang bisa kita tuliskan di note sebagai embrio paragraf atau bab untuk melengkapi cerita yang sudah kita rencanakan plotnya.

kayak pagi ini, tiba-tiba aku menemukan kalimat mampir begitu saja di kepala:

You treat me like a slut. That's your flaws.

Aku tulis dulu 1 kalimat bertenaga itu dalam note, pengembangannya nanti ketika waktuku sudah lebih longgar.


(Eh jadi ingat ada PR dari teman untuk membuat endorsment atas karya bukunya, kemarin aku terima di hape, tapi karena RAR jadi harus buka via laptop dulu untuk bisa baca keseluruhannya)


Kalau semalam, dapatnya satu kalimat yang nubruk sirah tuh kayak gini:

Akhirnya kami duduk bersisian di mobil. Ibu menatap kami dr teras dg pandangan yg tak mudah kutafsirkan Apa dia takut aku akan terlibat skandal dg suami orang? Atau terbersit dlm pikirannya kalau kami akan sebahagia hari ini sepanjang hidup jika saja saat itu beliau memberi restu

kalau yang kemarin, 1 kalimat yang ujug-ujug nubruk adalah:

habis ketemu malah rindu
#gubrak


Kalau kamu, apa 1 kalimat yang menabrak kepalamu hari ini?


SELESAIKAN APA YANG SUDAH KAMU MULAI

Berkaitan dengan pengembangan ide, pagi ini aku dapat pertanyaan dari salah satu follower twitter @ummihasfa

Kaka, kak aku boleh tanya2 ngga?

Kak, aku lg bljr nulis ni, nulis novel, cuma kok aku nulisnya gak tekun gitu gak konsisten, kadang kalo nulis tergntung mood, gak ky temen2 yg udh pada publish, gmn si kak biar nulis itu bs konsisten. Jawab ya kak Makasih kak

Kubilang:

Motivasinya hrs kuat. The power of why. Power of niat. Kamu nulis buat apa, buat siapa. Kenapa nulis itu. Kenapa kamu yg nulis. Start from the end. Mulai dr akhir, tujuan. Kalau sdh tahu tujuannya akan ke mana,lbh gampang Buat premis, logline, outline utk panduan biar gak nyasar

Bikin deadline sendiri yg kamu patuhi, misal sebulan hrs jadi. Breakdown it, berarti sehari hrs dpt brp halaman/kata. Temukan spot nyamanmu utk nulis,baju yg nyaman,jam terefektif (golden hours di mana ide2mu mengalir deras) Tegas. Jgn berdiri sblm dpt 1 halaman,misal. Good luck.


Gitchuuu...

Tapi kalau mau tahu lebih lanjut dan sekaligus praktik serta dapat feedback, bisa ikutan kelas menulis novel ataupun menulis buku.
Sapa saja di wa.me/085701591957

Sampai jumpa di kelas ya :)



Posting Komentar

0 Komentar